Yodi : Tolak Transmigrasi Baru di Kalbar

“Sementara Transmigrasi yang ada tidak di bangun maksimal”

Yodi Setiawan Anggota DPRD Sekadau./mus
Yodi Setiawan Anggota DPRD Sekadau./mus

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! SEKADAU-Yodi Setiawan anggota DPRD Sekadau Tolak Tranmigrasi Baru di KalBar. Hel tersebut menanggapi berita yang di lansir oleh Media Nasonal akhir -akhir ini ” bahwa Presiden Jokowi melalui menteri Menteri Desa, Percepatan D aerah Tertinggal dan Transmigrasi telah menyiapkan Lahan 9 Juta Hektar untuk 4 Juta Transmigran Untuk Kalimantan, ada pun salah satunya Kalimantan Barat.

Anggota DPRD Sekadau Yodi Setiawan mengaku, menolak rencana Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, yang menjadikan daerah Kalimantan Barat pada umumnya dan Sekadau khususnya sebagai tujuan transmigrasi.

Salah satu alasan menjadi dasar penolakan penempatan bagi transmigran. ” Masih bayak diwilayah Provinsi KalBar yang kurang mampu, di Sekadau misalnya, kenapa tidak bagun saja rumah untuk masyarakat miskin pribumi saja, infrastruktur jalan saja masih bayak yang hancur, bahkan banyak dana pusat tapi sampai sekarang dana pusat banyak tidak diarahkan ke Kalimatan Barat ini,” ujar Politisi Gerindra itu.

“Bersama ini saya mengatakan, menolak dengan tegas serta mengecam program tersebut mengingat Kelestarian Bumi Kalimantan dan hak-hak masyarakat Adat Kalimantan, Sekadau khususnnya. Bahwa bila ingin membangun Kalimantan bukan harus dengan Program Transmigrasi, tetapi berikan kewenangan secara penuh kepada kami untuk mengelola SDA kami,” tegas DPRD termuda Sekadau.

Dengan adanya program pemerintah pusat semacam ini. Yodi berharap, tidak ada permainan pemerintah pusat dan provinsi dengan menfaatkan untuk kepentingan politik, suku dan golongan saja, yang kita sesalkan tran–tran yang sudah ada di Kalbar saja tidak dibagun maksimal, dan terkesan kurang mendapat perhatikan serius pemerintah, malah  sudah mau evakuasi masyarakat baru ke Kalbar, pungkas Odi./mus


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *