WASPADA TERHADAP OKNUM/CV YANG MENGATAS NAMAKAN PLN UNTUK PASANG JARINGAN BARU

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( MELAWI )– Banyak keluhan warga Masyarakat yang menginginkan Listrik masuk ke Desa seperti di Desa Nanga man, Desa Sungai Pinang, Desa Kebebu dan Desa Tebing Kerangan, Desa Engkurai, Desa Merpak. berdasarkan wawancara Kepala Desa Nanga Man pada beberapa waktu lalu 23/12/2017 Safarudin selaku Kepala Desa Nanga Man mengatakan ada oknum yang mengatas namakan PLN untuk pasang baru jaringan listrik.

Safarudin juga mengatakan ada oknum yang mengatas namakan PLN yaitu CV. Ririmandra sebagai Instalatir Listrik pada tanggal 9 Desember 2016 telah meminta biaya pasang baru/BP terhadap Masyarakat di beberapa Desa sebesar Rp. 1.244.000,-. Pungkasnya.

Namun sampai saat ini listrik tersebut belum juga ada masuk ke Desa tersebut, jangan kan listrik masuk, tiang listrik untuk jaringan saja belum ada pemasangan, untuk Desa Nanga Man sudah ada sekitar 50 Kepala Keluarga yang menyetor BP, paparnya.

Tidak sampai di Desa Nanga Man saja awak media menelusuri berdasarkan laporan masyarakat di Desa Sungai Bakah dan Desa Nyanggai, untuk dua Desa tersebut oknum CV. Ririmandra sudah memasukkan jaringan dan berdasarkan kesepakatan antara oknum CV dengan Kepala Desa membentuk Listrik Desa/Lisdes bahwa berdasarkan kesepakatan tidak diperbolehkan ada CV yang masuk selain dari CV yang sudah di sepakati oleh Tim Lisdes.

Kepala Desa Nyanggai pada saat di temui awak media 14/01/2017 mengatakan untuk biaya pasang listrik sampai menyala sebesar Rp. 4.366.000,-/ Kepala Keluarga, angka tersebut sudah termasuk biaya Instalatir dan Biaya pasang KWH, pungkasnya.

Namun di duga dengan pembentukan Lisdes bersama Kepala Desa maka besaran biaya tersebut sudah di markup sehingga biaya mencapai angka begitu besar.

Kemudian awak media melakukan konfirmasi kepada Markus Adi Manager PLN di Rayon Nanga Pinoh di ruang kerjanya 17/01/2018 Markus menyampaikan bahwa alur untuk pemasangan listrik baru dari Desa mengajukan permohonan atau proposal kepada PLN Rayon Nanga Pinoh, kemudian pihak PLN melakukan survey, pemetaan kemudian menghitung RAB, setelah melakukan hal itu kemudian di lanjutkan ke Area Sanggau, namun area Sanggau nanti akan meneruskan ke pihak UPK (Unit Pelayanan Kelistrikan), nanti nya UPK melakukan Lelang dalam pengerjaan proyek jaringan tersebut,paparnya.

Lanjut Markus setelah proses lelang dimenangkan oleh pelaksana nanti nya PLN Rayon Nanga Pinoh mendapatkan surat dari Pusat bahwa di Desa yang di ajukan mendapatkan untuk perluasan jaringan. Setelah jaringan di pasang pihak PLN Rayon Nanga Pinoh mengitruksikan kepada pihak yang berwenang seperti GELIS (Gerai Listrik) di Melawi terdapat 3 (tiga) Gerai Listrik yang terdaftar di PLN Rayon Nanga Pinoh yaitu Gelis Bella, Gelis Fajar Hidayah, Gelis Putra Arta, pungkasnya.

Markus juga menghimbau apabila ada oknum-oknum yang mengatas namakan CV yang bekerjasama dengan PLN selain dari tiga CV diatas harap di waspadai, sehingga kepada Masyarakat yang berada di Desa – Desa pedalaman untuk segera melakukan konfirmasi kepada Pihak PLN Rayon Nanga Pinoh apabila ada Oknum CV yang mengaku sudah bekerja sama dengan PLN. Paparnya./*

( Idruz & John PKP )


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *