Warga Tanam Pohon Pisang Di Jalan Trans Kalimantan

Pohon Pisang Tambal Lobang Jalan. / ma
Pohon Pisang Tambal Lobang Jalan. / ma

KUBU RAYA ! POSTKOTAPONTIANAK.COM – Aksi protes atas kerusakan Jalan Trans Kalimantan dilakukan sejumlah warga di Desa Jawa Tengah Kecamatan Sungai Ambawang Kubu Raya. Protes warga ini bukan melalui orasi atau demo tapi lebih memilih dengan cara menanam pohon pisang sebagai bentuk sindiran.

Jalur Trans Kalimantan merupakan jalan nasional, sehingga pemeliharaan atas sarana itu juga mesti dilakukan. Namun sayang jalan yang berlubang terkesan dibiarkan dan bisa mengancam keselamatan pengendara.

PMII Kubu Raya menilai pemerintah kurang jeli melihat kondisi di lapangan. “Seharusnya jalan antar negara berlubang ini cepat diperbaiki, bukan dibiarkan seperti saat ini, ” ujar Muhammad Ali Ketua PMII Kubu Raya Selasa (2/2). Hal inilah yang memicu kekesalan warga.

Akhirnya mereka nekat  menanam pohon pisang sebagai bentuk protes kepada pemerintah setempat. “Jalan trans kalimantan rawan kecelakaan apalagi jika jalannya  berlubang bisa membahayakan keselamatan bahkan ancaman kehilangan nyawapun bisa terjadi,” tegasnya.

Dinas PU seyogyanya sering melakukan monitoring terhadap jalan-jalan yang ada di wilayah sekitarnya, agar mengetahui kondisi jalan-jalan yang harus diperbaiki. Aktivis Mahasiswa ini juga menyayangkan sikap lamban pemerintah. “Aksi tanam pisang itu sebenarnya  merupakan pukulan bagi pemerintah bahwa jalan nasional saja kurang diperhatikan apalagi jalan-jalan lainnya,” imbuhnys. Oleh karena itu, PMII Kubu Raya menuntut agar pemerintah segera memperbaiki jalan tersebut sebelum ada nyawa yang melayang./ ma/PKP


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *