Warga Segedong Gelar Ritual Robo-Robo

 

Bupati Erlina

SEGEDONG, MEMPAWAH POSTKOTAPONTIANAK.COM
Provinsi Kalimantan Barat memiliki banyak tradisi dan budaya di bidang pariwisata yang sangat potensial untuk dikembangkan, Salah satunya Ritual Robo-robo.

Bapak HATNI Tokoh Masyarakat beserta Ketua Pemangku Adat./dok-postkotapontianak.com
Bapak HATNI Tokoh Masyarakat beserta Ketua Pemangku Adat./foto:dok-postkotapontianak.com

Kegiatan Ritual Robo-robo di Segedong kali ini dihadiri pula oleh Bupati Mempawah, Erlina, Wakil Bupati, Muhammad Pagi bersama Forkopimda kabupaten Mempawah dan juga Forkopimcam Kecamatan Segedong serta Camat Sungai Pinyuh, Para Kepala Desa se-kecamatan Segedong, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Photo bersama Hatni dan Tokoh Masyarakat

Menurut Hatni, Ritual Robo – Robo merupakan tradisi turun temurun yang ada sejak puluhan tahun silam dan terus diperingati setiap tahun pada hari Rabu terakhir di bulan Syafar oleh warga Segedong, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

“Ritual Robo-robo ini dilakukan setiap hari Rabu terakhir di bulan Syafar menurut penanggalan tahun Hijriah. Yang mana tradisi ini memiliki nilai sejarah karena merupakan peristiwa penting untuk dikenang dalam sejarah Segedong,” beber Hatni, tokoh masyarakat Segedong kepada Post Kota Pontianak, Rabu (21/9/2022).

Safi,i

Selanjutnya dalam kata sambutannya Bupati Mempawah menyampaikan bahwa budaya Robo-robo ini sudah ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai Budaya warisan Tapa Benda.

Acara ritual Robo Robo di Segedong

“Budaya Robo-robo adalah budaya warisan tapa benda yang sudah ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 27 Oktober 2016,” kata Erlina di sela acara ritual Robo-robo di Segedong./*

Penulis: Shalihin

Publish: Udin Subari 


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.