Warga Pertanyakan Pekerjaan Gorong-gorong

POSTKOTAPONTIANAK.COM

KUBU RAYA (Sungai Raya) – Warga Desa Sungai Raya dalam mempertanyakan masalah pekerjaan gorongĀ  gorong yang ada dijalan Sungai Raya Dalam.

Menurut salah seorang Ketua RT,09/RW,03, Hasan mengatakan kalau saya perhatikan dengan adanya pekerjaan pemasangan gorong -gorong diwilayah RT.09.RW.03 Dusun Taman Raya itu ada yang keliru pada waktu melakukan pemasangan semestinya kedalamannya diperhatikan dan pemasangan besinya pun yang seharusnya di pasang, ucap Hasan.

Karena pada waktu saya pantau pekerjaan disiang hari untuk gorong -gorong belum dipasang ternyata gorong-gorong dipasang pada malam hari bagai mana kita mau ngontrolnya tau- tau paginya sudah dipasang semua, tandas Hasan.

Saya sangat setuju dan senang sekali jika ada pembangunan yang masuk di wilayah Sungai Raya dalam ini arti nya saya bukan menolak dari segi pembangunan yang masuk di sungai raya dalam ini dan saya juga sangat bersyukur karena di desa sungai raya dalam ini banyak pembangunan yang masuk, tuturnya.

Untuk ini, saya hanya sekedar mempertanyakan masalah pekerjaan yang sifatnya membangun demi kemajuan Desa Sungai Raya Dalam ini, ujarnya .

Sekarang dengan adanya pemasangan gorong -gorong tersebut air di saluran parit Disamping rumah saya lalu tidak lancar mengalirnya.

Kondisi besi cor sekarang sudah banyak yang timbul dan coran semen diatas gorong – gorong juga sudah banyak yang retak, kata Hasan.

Pemasangan besi juga sudah salah seperti itu dan pemasangan gorong – gorong juga kurang dalam dipasang ujar Hasan selaku pengurus RT.

Kalau bisa pekerjaan ini dapat ditimjau ulang karena pada waktu mengerjakan saya sudah suruh dalamkan galian gorong,- gorongnya.

Namun kenyataanya air di parit disamping rumah saya mengalirnya tidak lancar,ujar Hasan.

Itu pekerjaan, dikerjakan pada jam satu dan jam dua malam hari, jelasnya.

Semestinya kalau parit besar yang ada didepan jalan sei raya dalam sudah di gali dengan jombo semestinya air parit dari samping rumah saya sudah lancar.

Namun tidak demikian kata Hasan air diparit samping rumah saya masih tidak lancar mengalirnya.

Kalau harapan saya terhadap pekerjaan ini harus dikaji ulang oleh PU Kubu Raya, kalau menurut saya ini sia -sia saja membangun jika air tidak lancar mengalir.

Sebenarnya walaupun di gorong -gorong pada waktu itu saya minta dibawahnya harus dicerucuk, apakah dicerucuk ataupun tidak saya pun tidak tau karena ketika saya bangun pada pagi hari gorong – sudah jadi beber Hasan.

Kemudian besi coran sudah banyak yang timbul ,semestinya pada waktu memasang besi tidak demikian harusnya dilengkung kebawah jika seperti itu sangat membahayakan sekali bagi pengguna jalan

Dikatakanya untuk pengecoran semen juga terlalu tinggi tanjakanya ,sehingga orang yang lewat setiap hari agak berkesulitan.

Untuk sekarang juga coran semen diatas gorong – gorong sudah banyak yang retak. Dan besi juga sudah banyak yang timbul.

Disamping itu juga Pak Gani selaku RT,02/,RW,04 Dusun,Suka Raya desa sungai raya dalam mengatakan untuk pekerjaan gorong- gorong ada satu titik di kerjakan diwilayah RT,002,/RW,04,saya juga pernah menyampaikan masalah pekerjaan pekerjaan tersebut dan dari warga pun Malah ada bertanya sama saya, kata Gani.

Yang mempertanyakan masalah ada besi-yang sudah timbul , dan coran semenya juga sudah ada yang retak.

Karena saya sudah berberapa kali meminta kepada pelaksananya agar pekerjaan di perbaiki oleh karena belum diperbaiki maka berberapa kaki dia meminta tanda tangan RT disini tidak saya tanda tangani sebelum pekerjaan tersebut diperbaiki, ujar Gani.

Disamping itu juga ketua RW,04 Rudy Bahtiar Mengatakan masalah pekerjaan gorong -gorong ini harus ditinjau ulang oleh PU Kubu Raya.

Sebab ketika kita lakukan pengecekan pekerjaannya ,Gorong- gorong nya ternyata kedalamannya tidak dalam.

Yang seharusnya gorong – gorong tersebut jarak dari bawah keatas jalan itu sepaling tidaknya 30 Senti oleh karena terlalu tingginya gorong-gorong sehingga ketebalan semennya dikatakan hanya berberapa Senti saja, tutur Rudy

Untuk kondisi coran semen diatas gorong- gorong sekarang ini sudah banyak yang retak- retak ,dan besi coran juga sudah ada yang timbul timbul ke atas dan jika tidak di perbaiki tentu sangat membahayakan sekali bagi pengguna jalan raya.

Semestunya pada waktu memasang besi tidak seperti ini dan juga sudah salah kata Rudy seharusnya pemasangan besi tersebut harus melengkung kebawah.

Berberapa orang warga yang jati dirinya tidak mau disebutkan mengatakan
Akibat tingginya gorong- gorong dari jalan sehingga ada yang terjatuh darinkendaan bermotor disaat melintas di jalan yang ada pekerjaan Gorong – gorong .

Dikesempatan itu juga Susi Apriani sebagai kepala Dusun Suka raya disaat melakukan pengecekan pekerjaan Gorong- gorong mengatakan ,kalau kita lihat terhadap pekerjaan tersebut banyak yang harus benahi semua apalagi coran semenya sudah retak- retak dan besinya sudah banyak yang timbul sehingga dapat membahayakan bagi pengguna jalan raya.

Untuk ketebalan coran semenya juga hanya berberapa Senti ketebalnya apalagi yang melewati jalan sungai raya dalam ini banyak kendaraan yang berat takutnya ketika dilewati truk yang berat coran yang ada diatas gorong tersebut akan hancur kembali.

Ketua LPM Desa Sungai raya dalam, Muly mengatakan dengan kondisi pekerjaan Gorong – gorong yang ada di dua titik dijalan sungai raya dalam yang kondisi besinya sekarang ini sudah ada yang timbul maka sangat diharapkan kepada dinas PU Kubu raya dapat meninjau ke lokasi pekerjaan dan unti dapat di perbaiki secepstnya karena ini sangat membahayakan sekali bagi pengguna jalan raya pungkasnya.

Sampai berita ini ditulis pihak terkait dengan proyek tersebut belum dapat dikonfirmasi./*

 

(Tim Liputan )


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.