Warga Kampung Tebal Sekadau Gelar “Robo-Robo”

Warga berkumpul menggelar doa dan makan bersama./ ms
Warga berkumpul menggelar doa dan makan bersama./ ms

SEKADAU-Perayaan Robo-robo juga dilkasanakan oleh warga Sekadau, khsusunya warga Kampung Tebal desa Sungai Ringin Kecamatan Sekadau Hilir.

Walaupun tidak semeriah yang ada di kabupaten Mempawah Kalbar, terlihat warga kampung Tebal tetap antusias melaksanakan acara “robo robo” secara sederhana penuh keakraban.

Pantauan “Postkotapontianak.com” dilapangan warga berkumpul di Surau Baitul Hidayah kampung Tebal dengan membawa makanan yang sudah disiapkan dari rumah.

Kemudian, warga bersama-sama duduk berkumpul di depan surau dengan makanan yang telah dikemas dalam rantang untuk dimakan bersama.

Ketua Majelis Adat Budaya Melayu Sunardi mengatakan, perayaan robo-robo di Sekadau telah rutin digelar tiap tahun khusunya oleh warga kampung Tebal Sungai Ringin. Untuk tahun ini acara bertepatan dengan pemilihan kepala daerah kabupaten Sekadau.

Menurut Sunardi, waraga disini sebelum mengadakan acara robo-robo mereka terlebih dahulu datang ke TPS untuk memilih kepala daerah sesuai dengan hati nuraninya masing-masing.

Perlu diketahui bahwa untuk acara robo robo, Setiap tahun rutin kita adakan, namun ya sederhana saja seperti ini. Akan tetapi tidak menghilangkan adatnya.

Sebelum makan bersama kita lakukan doa bersama terlebih dahulu sebagai doa menolak bala dan Jaya sempurna, jaya akhirat dunia doanya,” ujarnya saat ditemui pada Rabu, (9/12). (Mus)/ PKP


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *