Warga Gafatar Sintang Dievakuasi Ke Pontianak

Reporter : Devi Lahendra

Warga Gafatar Dievakuasi Menuju Penampungan Sementara Di Bekangdam./ foto : Devi Lahendra
Warga Gafatar Dievakuasi Menuju Penampungan Sementara Di Bekangdam./ foto : Devi Lahendra

Pontianak ! Postkotapontianak.com —  Untuk menghindari terjadinya konflik sosial di masyarakat, tak ayal sekitar pukul 17.45 wib Kamis (21/1/16) sore di Gedung Loka Bina Karya Kementrian Sosial RI yang berlokasi di Jalan Oevang Oeray Kecamatan Baning Kota, Kabupaten Sintang, telah diberangkatkan seluruh anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dari Kabupaten Sintang yang direncanakan akan di tampung di Bekangdam XII Tanjungpura, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Evakuasi warga Gafatar menuju Pontianak dilepas langsung oleh PJ. Bupati Sintang DR. Alexius Akim, MM,  yang didampingi oleh Danyonif 642/Kps Mayor Inf Rachmad Basuki, Kapolres Sintang AKBP Mahyudi Nazriansyah, Pasi Intel Kodim 1206/Stg, Pasi Ops Kodim 1206/Stg, Kabag Ops Polres Sintang serta Kepala Dinas Kesehatan Sintang.

Berdasarkan informasi yang didapatkan Postkotapontianak.com, evakuasi yang menggunakan jalur darat tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesbangpol Kabupaten Sintang, dengan menggunakan 3 unit truk  Yonif 642/Kps, 1 Bus Korem 121/Alambanawanawai, 1 Bus Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang, 1 Ambulance Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dan ditambah 1 mobil Patwal dari Polres Kabupaten Sintang.

Dari data terakhir hingga keberangkatan, warga Gafatar dari Sintang sebanyak 54 jiwa terdiri dari  9 kepala keluarga. Dengan jumlah laki – laki 25 orang, perempuan 20 orang, yang terbagi dewasa sebanyak 17 orang, remaja 4 orang, anak – anak 16 orang dan untuk balita terdapat sebanyak 8 orang.

Selain menggunakan kendaraan milik TNI keberangkatan warga Gafatar menuju Pontianak juga diperketat keamanan  dengan melibatkan 6 anggota Yonif 642/Kps, 2 anggota Korem 121/Alambanawanawai,  5 anggota Kodim 1205/Stg serta 9 anggota dari Polres Sintang, kemungkinan rombongan akan tiba sekitar subuh dini hari Jumat (22/1/16)./*


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *