Warga Dusun Mbadokai Rencana Akan Laporkan Proyek Pipa Pamsimas ke Pihak Kejari Ba’a

Kepala dusun Mbadokai Johanis Nalle (jacket berwarna hitam) sedang duduk bersama-sama dengan salah satu toko masyarakat dan salah satu pegawai di kantor DPRD, yang menerima pengaduan mereka (19/01/2016) di ruang lobi gedung DPRD./ foto : Dance Henukh
Kepala dusun Mbadokai Johanis Nalle (jacket berwarna hitam) sedang duduk bersama-sama dengan salah satu toko masyarakat dan salah satu pegawai di kantor DPRD, yang menerima pengaduan mereka (19/01/2016) di ruang lobi gedung DPRD./ foto : Dance Henukh

ROTE NDAO ! POSTKOTAPONTIANAK.COM –  Diduga kuat proyek pemasangan pipa Pamsimas di dusun Mbadokai penuh dengan rekayasa oleh ketua Penatia dan suplair.

Warga meminta agar program Pamsimas di desa Fuafuni tahun Anggaran 2015 seharusnya sesuai ketentuan dan transparan. Salain itu proyek tersebut dikerjakan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga dusun Mbadokai.

Warga juga meminta kepada pihak terkait ya itu Pihak Kejaksaan Negeri Rote ndao untuk memeriksa proyek perpipaan Tahun Anggaran 2015, karena menurut Kepala Dusun Mbadokai Johanis Nalle pengadaan perpipaan Pamsimas yang merupakan program penyediaan air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat ini kiranya terdapat Indikasi atau menyimpang dari RAP yang ada, pelayanan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat dusun Mbadokai yang menjadi salah satu sasaran program ini sangat bermanfaat bagi kami Masyarakat.

Beberapa warga masyarakat bersama kepala dusun Mbadokai Johanis Nalle mengisahkan, selama ini mereka mengalami kesulitan air bersih karena  terpengaruh tidak ada perpipaan, kata Johanis Nalle kepala dusun mbadokai kepada media ini di Gedung DPRD Kabupaten Rote Ndao Rabu (19/01).

Kata Kepala Dusun Mbadokai Johanis Nalle, sebenarnya dusun Mbadokai telah mendapat bantuan perpipaan berupa anggaran namun hingga dana Itu sampai di desa kelihatannya di permainkan oleh Ketua panatia An Soru dan suplair Welhemus Narang.

Namun pada kenyataannya sarana air bersih yang diarahkan ke dusun Mbadokai itu hanya mentok atau stop di dusun  Sanama. “ Proyek air bersih bantuan pemerintah pusat melalui Pemerintahan kabupaten rote ndao sebesar Rp. 280 juta, itu ternyata pekerjaan perpipaan hanya eks perpipaan merek Alfa Omega yang pembuatan tahun sembilan puluhan. Sementara masyarakat dusun Mbadokai tidak tersentuh Air sama sekali,” jujar dia.

Hal senada juga dikatakan Benyam  Pah, seharusnya perpipaan air bersih yang di programkan dengan dana sebesar 280 juta  ini bisa terjawab di dusun Mbadokai, dan dusun Sanama tetapi sangat disesalkan pekerjaannya stop karena ada dugaan penyimpangan saat pembelian pipa dan pemasangannya, sehingga warga Mbadokai hanya mendengar namanya saja pipa pamsimas.

Lanjut Benyamin Pah, sepengatahuan dirinya, dana Rp. 280 juta tersebut turun pada tahun anggaran 2015 itu tidak kesampaian juga. Saat itu yang menjadi pengurus Pokmas diantaranya adalah An Soru (Ketua), (Bendahara) dan (anggota).

“ Kami masyarakat disini hanya menjadi tujuan dan sasaran dari pada proyek perpipaan air bersih itu, namun tidak pernah merasakannya. Oleh karena itu, maka melalui program Pamsimas di desa Fuafuni tahun 2015, kami minta agar pihak hukum dalam hal ini Kejaksaan Negeri Ba’a segera periksa An Soru (ketua penatia),” pinta Benyamin Pah di waktu yang sama saat ditemui di gedung DPRD.(19/01).

Pantauan media ini Rabu (19/01/2015) di dua dusun, ya itu dusun Sanama dan dusun Mbadokai tidak mempunyai harapan lagi tehadap pemasangan pipa pamsimas ini.

Oleh karena itu dari kami masyarakat meminta pada pihak Kejaksaan Negeri Ba’a agar segera mengusut dugaan penyimpangan proyek tersebut.

Dan warga juga meminta kepada Kepala Kejaksaan negeri Rote agar  harus melakukan pemeriksaan terhadap pekerjaan pemasangan perpipaan yang dikerjakan tahun Anggaran 2015 melalui program Anggaran nilai Rp. 280 juta itu, karena dalam pengerjaannya tidak sampai pada sasaran atau pekerjaannya tidak sesuai dengan mekanisme yang ada, pungkas Benyamin Pah yang juga merupakan tokoh masyarakat dusun tersebut. (Dance Henukh – Rote)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *