Wakil Ketua Dewan Sintang, Minta Pemerintah Hasilkan Beras Lokal

SINTANG-Belum adanya beras unggulan produk Sintang, ini menjadi perbincangan khusus ditengah masyarakat, bagaimana tidak Sintang yang merupakan daerah yang punya lahan pertanian cukup banyak namun sejauh ini belum ada label khusus yang di unggulkan.

Dikisahkan Sandan Wakil Ketua DPRD Sintang dari Fraksi Gerakan Indonesia Raya misalnya, Kabupaten Kapuas Hulu misalnya punya Beras unggulan Raja Uncak, di Kubu Raya, di Sambas juga ada, namun di Sintang sampai hari ini belum ada beras unggulan yang dipatenkan menembus pasar Nasional,katanya(29/4/2019).

Menurutnya,sudah selayaknya Sintang membuat Label tersendiri untuk beras unggulannya, karena Sintang ini lahan pertaniannya sangat luas, dan hasil dari petaninya juga cukup banyak, ia berharap agar pemerintah dapat membantu masyarakat dalam hal ini bimbingan agar hasil dan keaslian hasil produk padi masyarakat juga bisa bernilai jual tinggi,harapnya.

Dikatakan Sandan kedepan Pemerintah bisa menghasilkan produk beras sendiri, dengan mengupayakan beras lokal. dengan sektor padi cukup banyak di Kabupaten Sintang, kedepan dengan adanya produk lokal tentu akan membuat stabilitas harga pasar yang berkelanjutan.

Andi misalnya salah satu petani, mengungkapkan saat ini yang menjadi kendala yakni masih kurangnya bimbingan dari penyuluh dalam kami, memelihara padi sawah kami sampai kepada proses produksi serta pemasarannya, belum ada kejelasan dan belum ada badan usaha yang langsung membantu proses penjualan kepada pihak masyarakat langsung.

Kami juga sangat berharap kepada pemerintah, dalam kami meningkatkan hasil panen tentu perlu adanya bantuan pupuk subsidi, agar padi kami subur dan punya kualitas super, kami juga sangat mengharapkan bantuan serta bimbingan dari penyuluh yang ada di desa-desa untuk terus membantu kami dalam bidang pertanian ini,harapnya.(Tim).


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *