Wakil Bupati Sintang Melakukan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pembangunan Jalan Dan Pipa Air Bersih Desa

SINTANG. Wakil Bupati Sintang, Drs. Askiman MM, menghadiri rapat koordinasi warga Dusun Sepulau  di Desa Mungguk Gelombang Kecamatan Ketungau Tengah. Rapat koordinasi ini mengulas tentang rencana pelaksanaan pembangunan jalan kebun dan pemasangan pipa air bersih di Dusun Sepulau.

“Jalan ini menuju ke kebun lada mereka untuk mempermudah pengangkutan hasil kebun. Pengadaan jalan kebun ini sudah dianggarkan pemerintah kabupaten sejak tahun 2017,” terang Askiman. “Namun ada kendala di instansi terkait, belum bisa kita mengerjakannya tahun lalu,” tambahnya. “Sehingga baru terlaksana pada tahun ini,” kata Askiman lagi.

“Selain itu, tahun ini sendiri, pemerintah mau memenuhi janji lain pada masyarakat Dusun Sepulau Desa Mungguk Gelombang ini, kita mau memasangkan pipa air bersih plus pembangunan bendungan air,” ungkap Askiman. “Sehingga pada tahun 2018 ini, ada dua pembangunan yang akan kita kerjakan di sini,” pungkasnya.

Askiman berharap masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam proses pemangunan yang dilakukan pemerintah ini. Agar kedepannya, mereka menjaga dan merawat fasilitas ini sehingga bisa bertahan lama.

Menurut Jemat, salah seorang warga dusun. Pembangunan ini merupakan hal yang sangat didambakan masyarakat.

“kalau dah musim kemarau panjang pitukpedih bulih aik (kondisi seperti sekarang sulit mendapatkan air.red). Jadi kami sangat perlulah bendungan dan peralon untuk ngalirkan aik (air.red) ke rumah-rumah,” kata Jemat. “ha…pas agik rangkai pituk, mudah ngau mulah (ketiak kering, mudah untuk membuat.red) bendungan. Air surut bah,” tambahnya.

Sementara itu ia juga menggambarkan bahwa dengan adanya jalan ke kebun tentu akan sangat membantu mobilisasi kerja ke kebun lada masyarakat, khususnya proses pengangkutan. Terlebih saat ini masyarakat sudah familiar dengan penggunaan kendaraan bermotor untuk operasional berkerja ke kebun atau ladang.

Demikian siaran berita Humas Setda Sintang


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *