Wakil Bupati Melawi Dorong Terwujudnya Puskesmas Ramah Anak

 

Wabup

KALBAR  MELAWI ( PKP ) : Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen membuka secara resmi kegiatan Kabupaten Melawi Menuju Layak Anak untuk Tenaga Kesehatan di Convention Hall Kantor Bupati, Senin (27/06/2022). Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus, Para Kepala OPD, Wahana Visi Indonesia, Para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Melawi, dan pengelola program anak puskesmas Kabupaten Melawi.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Ahmad Jawahir dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk mengarahkan para OPD untuk membentuk kebijakan, program dan kegiatan yang ditujukan untuk pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Melawi.

“Diharapkan melalui kegiatan ini nantinya ilmunya didapatkan kemudian disosialisasikan kembali kepada para Tenaga Kesehatan yang ada lingkungan Puskesmas dan kepada masyarakat kabupaten Melawi”, ungkapnya.

Selanjutnya, Kadinkes juga berharap kegiatan ini dapat menciptakan Tenaga Kesehatan yang dapat memahami dan menerapkan pengetahuan yang didapatkan terkait dengan hak-hak kesehatan anak.

Sementara itu, Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen dalam arahannya menyampaikan anak merupakan SDM di masa depan dan merupakan modal bangsa dalam pembangunan yang berkesinambungan, sehingga tumbuh dan kembang anak harus menjadi prioritas utama.

“Konvensi hak anak untuk semua tenaga kesehatan penyelenggara pelayanan kesehatan di puskesmas sangat diperlukan, sehingga dapat memenuhi hak dan kewajiban terhadap anak dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang ramah anak agar terciptanya generasi yang sehat dan cerdas”, ungkapnya.

Wakil Bupati berharap dengan adanya kegiatan workshop Kabupaten Melawi menuju layak anak bagi tenaga kesehatan ini, dapat mendorong terwujudnya Puskesmas yang Ramah Anak di Kabupaten Melawi sehingga mempercepat terwujudkan Kabupaten Melawi Layak Anak.

“Semoga workshop ini bermanfaat untuk tenaga kesehatan sebagai pemberi pelayanan kesehatan bagi anak di puskesmas, yang menjadi ujung tombak dalam bidang kesehatan, untuk generasi masa depan yang sehat, cerdas dan berkualitas, generasi bangsa yang lebih baik”, harapnya.

Menutup arahannya, Wakil Bupati Melawi mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada tim gugus tugas KLA Kabupaten, Wahana Visi Indonesia, dan OPD terkait yang telah mendorong terwujudnya Kabupaten Melawi Layak Anak.
Jon

(HUMAS penda /Orin)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.