Wah…Di Gedung Sate Ada Hantu Bule

BANDUNG,- Penasaran? Ya penasaran sekali banyak informasi atau cerita mistis terkait Gedung Sate yang sudah

Hantu./ ilustrasi
Hantu./ ilustrasi

menjadi ikon kota Bandung. Bahkan katanya di Lantai IV Gedung yang sangat bersejarah itu di huni oleh hantu Bule “ masa iya sih” .

Ornamen tusuk sate di gedung yang juga menjadi “kantor” Gubernur Jawa Barat ini menjadikan gedung ini memiliki ciri khas sendiri.

Wisatawan apalagi masyarakat mungkin tidak asing lagi dengan keberadaan gedung ini. Tapi tidak banyak wisatawan atau masyarakat yang pernah masuk ke dalam gedung ini, terlebih mencapai puncak dari gedung yang dibangun tahun 1920 ini.

Gedung hasil rancangan J Geber ini terletak di Jalan Diponegoro Bandung. Untuk bisa mencapai ke lokasi sangat mudah. Bagi wisatawan domestik, lebih cepat dari pintu Tol Pasteur. Hanya tinggal lurus ke arah jembatan Pasopati, di ujung atau akhir jembatan akan bisa langsung terlihat kemegahan gedung bernuansa putih ini.

Saat ini wisatawan hanya bisa melihat keindahan gedung dari luar. Untuk bisa masuk ke dalam, harus ada ijin khusus apalagi untuk bisa naik hingga lantai 4. Memasuki pintu utama gedung, pengunjung akan melihat foto Gubernur Jawa Barat dan Wakil Guburnur Jawa Barat berukuran besar.

Selain itu, terdapat pula gamelan yang hanya akan dimainkan pada moment tertentu atau ada kunjungan kenegaraan. Di dalam gedung banyak sekali ruangan yang menurut sejarah beberapa diantaranya dijadikan sebagai penjara. Untuk yang baru pertama kali masuk ke dalam gedung, akan bingung karena cukup banyak lorong di seriap lantai. Di lorong-lorong yang ada, pada bagian dindingnya dipajang pigura dengan foto-foto kegiatan Gubernur, Wakil Gubernur bahkan istri dari dua petinggi Jawa Barat tersebut.

Dari lantai yang ada, lantai 4 lah yang memiliki keunikan sendiri. Di lantai ini terdapat sejumlah barang-barang unik serta cendera mata seperti sebuah sirene antik. Terdapat pula patung harimau yang diawetkan dan foto-foto kegiatan Gubernur Jawa Barat. Keluar dari lantai 4 ini bisa melalui tangga kecil yang unik.

Saat sampai di luar, pengunjung akan melihat pemandangan taman Gedung Sate yang indah dan pemandangan kota Bandung. Bagi yang ingun melihat pemandang lebih jauh, terdapat teropong di salah satu sisi dari menara gedung ini. Menurut Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Gedung Sate bisa menjadi salah satu obyek menarik dalam wisata sejarah Gedung Sate.

Pihaknya bahkan berencana membuka salah satu ruang rahasia Gedung Sate yang masih tertutup untuk dikemas menjadi daya tarik wisata sejarah.

Misteri Penampakan “Bule”
Dibalik kemegahan gedung yang juga mendapat sebutan “Gedung Putih” nya Bandung adalah cerita misterinya. Seperti kebanyakan cerita gedung-gedung tua, Gedung Sate konon juga memiliki “penunggu.

Dari banyaknya cerita mistis, yang paling banyak beredar di kalangan orang  beraktivitas di gedung ini adalah keberadaan hantu “bule”. Ada yang menyebutnya “neng siti”, tapi ada juga yang menyebutnya nona.

Dari berbagai sumber, hantu bule ini adalah seorang pekerja asal Belanda yang mengakhiri hidupnya dengan gantung diri. ” Sore aja jam 4 lah, walau masih terang tapi kalau jalan di lantai 3 atau ke lantai 4 pasti merinding. Ngga tau yah kenapa, rasanya emang beda aja. Saya belum pernah lihat, tapi amit-amit deh jangan sampai lihat,” kata Ari, salah seorang jurnalis yang setiap hari meliput kegiatan di Gedung Sate.

Pengalaman unik pernah dialami saat ia membawa anaknya ke Gedung Sate. Ia dan sejumlah teman yakin benar kalau anaknya keluar dari ruang pers room. Saat akan mengajak pulang, anaknya tidak ditemukan. Ia dibantu temanya mencari di dalam ruangan pers room, hingga ke ruangan lain.

Hampir 40 menit ia mencari dan sampai mengecek ke toilet yang ada di gedung sate. Mereka yang mencari sangat terkejut begitu kembali ke ruangan, anaknya sedang duduk diam di lantai. “Ada tiga orang di ruangan dan ngga lihat anak saya masuk ruangan. Apalagi pintu ruangan berat, kalau ada orang masuk akan berbunyi dan otomatis yang di dalam ruangan akan lihat. Tapi ini ngga, aneh aja dan jadi bikin merinding,” katanya.

Mistis dari gedung sate juga diungkapkan Dede, salah satu PNS Pemprov Jabar. Diakui legenda hantu bule sudah diketahui sejak pertama kali menginjakkan kaki di Gedung Sate ini. “Saya belum lihat sih, tapi satpam dan karyawan yang suka lembur, ceunah pernah lihat, katanya sih perempuan bule,” katanya, sambil mengernyitkan dahi. (A.Naz/berbagai sumber)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *