Usai Paripurna Ini Kata Terry Ibrahim

Sintang – Usai rapat Paripurna ke satu masa persidangan dua DPRD Kabupaten Sintang dalam rangka penyampaian LKPJ tahun 2018, saat di temui para awak media di Sekretariat DPRD Sintang, Senin (06/05/2019), Wakil Ketua DPRD Sintang Terri Ibrahim menjelaskan, bahwa dengan telah di bentuknya Panitia Khusus (Pansus), diharapkan dapat bekerja sesuai amanah yang di berikan intuk melakukan pengawasan serta menggali informasi terkait bagaimana tentang perserapan APBD tahun 2018 di lapangan.

“Kalau berkenan dengan paket atau pekerjaan fisik, ya Dewan akan mengevaluasi mengapa pekerjaan serapan dana tersebut tidak sampai 100%. Sedangkan LKPJ ini untuk mengelola dan menerima jadi tugas Dewan memberikan catatan kepada Bupati bahwa di sektor ini mengapa targetnya tidak sampai, apa kendalanya dan mohon di tahun 2019 semuanya dapat di perbaiki. Kita selalu mengevaluasi dan mempertanyakan mengenai anggaran tahun 2018, memang itukan sudah menjadi tugas Dewan,” kata Terri Ibrahim.

Lebih lanjut Terri juga menjelaskan bahwa DPRD selalu mengevaluasi semua APBD baik dari pandangan, fisik dan capaian target. DPRD juga memberikan catatan-catatan kepada Bupati agar di tahun berikutnya perserapan anggaran dapat di perbiki, serta kembali mempertanyakan evaluasi tahun 2017 lalu.

“Poin-poin yang menjadi catatan kita adalah mengapa belum dijawab, mengapa belum di perbaiki dan mengapa belum ada perbaikan. Sedangkan yang menjadi priorotas di tahun 2018 adalah yaitu kinerja Bupati hal ini perlu kita evaluasi karna kinerjakan di ukur dari kegiatan yang dilapangan baik itu fisik maupun non fisik, serta kita juga akan mengevaluasi kinerja bagai mana pembinaan kepada ASN sebab kepal OPD adalah penanggung jaeab dana di masing-masing Instansinya. Kendati demikian kita tidak mungkin langsung menanyakan kepada Kepala OPD, tentu Bupati sebagai penanggung jaeab dari Pemerintah Kabupaten Sintang yang membawahi semua Kepal OPD maka kita akan menanyakan hal tersebut kepada Bupati,” jelas Terri Ibrahim kepada sejumlah media.

Terri juga menyebutkan bahwa tatget dari semua APBD sudah terserap dengan baik namun demikian pihaknya selalu melakukan pengawawan dan evakuasi, jika masih ada temuan-temuan yang belum optimal maka hal tersebut juga di perlukan penjelasan, serta dapat diperbaiki. (Andi)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *