UPACARA PENYERAHAN SIMBOL DAN PELEPASAN PELETON BERANTING YPJW ETAPE II DARI YONIF 641 KEPADA YONIF 643/WNS OLEH DANRINDAM XII/TPR

PONTIANAK – Danrindam XII/Tpr Kolonel Inf Khairul Anwar Mandailing S.H., M.Tr. (Han) memberangkatkan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dari Yonif 643/Wns Etape II Sabtu (16/12/2017) di Lapangan umum Terminal Batu Layang Desa Batu Layang Kec.Siantan Kota Pontianak menuju Alun alun Kapuas Pontianak dalam rangka memperingati Hari Infanteri ke 72 dengan tema ” Prajurit Infantri melaksanakan gerak jalan Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya guna meningkatkan jiwa korsa, militansi dan soliditas prajurit Infantri dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD “.

Adapun yang hadir pada acara pelepasan Peleton dari Yonif 643/Wns Etape II Yudha Wastu Pramuka Jaya diantaranya Para Kabalak Kodam XII/Tpr, Para Komandan Kodim, Para Komandan Batalyon Infateri 641, 642, 643, 644 dan 631 serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kota Pontianak dan Daerah Kabupaten Mempawah serta para Perwira TNI-Polri para Prajurit Infanteri dan peserta gerak jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya.

Sebelum pelepasan Peleton dari Yonif 643/Wns Etape II Yudha Wastu Pramuka Jaya terlebih dahulu diadakan Upacara Penyerahan Simbol-Simbol Infanteri sekaligus pemberangkatan.

Danrindam XII/Tpr Kolonel Inf Khairul Anwar Mandailing S.H., M.Tr. (Han) dalam amanatnya menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan tradisi Korps Infanteri yang selalu dilaksanakan menjelang Hari Ulang Tahun Korps Infanteri pada setiap tahunnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan semangat kebanggaan korps, jiwa korsa dan soliditas sebagai Prajurit Infanteri. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mobilitas satuan berjalan kaki dan kemampuan fisik perorangan maupun peleton dalam rangka peningkatan kualitas tempur Prajurit Infanteri.

Lebih lanjut Danrindam XII/Tpr Kolonel Inf Khairul Anwar Mandailing S.H., M.Tr. (Han) mengharapkan Dengan dilaksanakannya kegiatan tradisi seperti ini, akan tercipta dan terpelihara jiwa korsa yang tinggi, serta penghayatan dan pengamalan nilai pengabdian Prajurit Korps Infanteri sebagai bagian yang tak terpisahkan dari rakyat. Tujuan mulia ini hendaknya dihayati dan diresapi oleh seluruh prajurit yang tergabung dalam peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini. Dengan demikian gerak jalan yang dilakukan nanti bukan hanya sekedar menempuh jarak tertentu saja, melainkan terkandung tekad untuk mewujudkan profesionalitas Prajurit Infanteri.

Mengakhiri amanatnya Danrindam XII/Tpr Kolonel Inf Khairul Anwar Mandailing S.H., M.Tr. (Han) menekankan kepada prajurit yang tergabung dalam Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya agar menjaga dan memelihara ketertiban serta disiplin selama dalam perjalanan sehingga tiba di tempat tujuan tetap dalam keadaan selamat dan lengkap. Laksanakan gerak jalan ini dengan kesungguhan hati dan semangat yang tinggi, selalu utamakan dan perhatikan faktor keamanan serta hindari sikap arogan karena route yang akan dilalui berkaitan dengan fasilitas umum./*

Bersama Rakyat TNI Kuat


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *