Upacara dan Syukuran HUT Satpam Ke – 38, Kapolres Melawi Pesankan Ini Ke Satuan Pengamanan

Melawi-poskotapontianak.com, Kepala Kepolisian Resor Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si memimpin langsung pelaksanaan Upacara HUT Satpam Ke – 38 Tahun 2018.

Dengan mengusung tema “Pemuliaan Profesi Satpam Indonesia Guna Mendukung Polri Dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2019”.

Bertindak sebagai Pembina pada upacara Hut Satpam Ke – 38 Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si membacakan Amanat Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Tito Karnavian, Ph. D.

“Seyogyanya HUT Satpam Ke – 38 dilaksanakan pada tanggal 30 Desember 2018, namun dikarenakan padatnya kegiatan di Polres Melawi saat “Ops Lilin Kapuas 2018″ dalam rangka pengamanan hari raya natal dan tahun baru, sehingga pelaksanaan HUT Satpam baru kita laksanakan pada hari ini Senin tanggal 7 Januari 2019”, jelasnya.

Selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Saya mengucapkan selamat ulang tahun ke – 38 kepada seluruh personel Satuan Pengamanan dimana pun bertugas. Momentum ini kiranya dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi eksistensi dan kinerja satuan pengamanan, guna pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas dimasa yang akan datang, baca Kapolres.

Lanjutnya, seluruh satuan pengamanan agar senantiasa meningkatkan iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dalam mengemban amanah profesi yang luhur dan mulia.

Menjaga kehormatan pribadi dan berpegang teguh pada kode etik dan profesi satuan pengamanan serta melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

“Dengan Meningkatkan kesiapsiagaan diri dalam mengidentifikasi setiap potensi gangguan dan kerawanan pada lingkungan kerja sehingga dapat segera diatasi dengan optimal,” tuturnya dihadapan seluruh peserta upacara di Mapolres Melawi, Senin (07/01/2019) pagi.

“Satpam sebagai Mitra Polri dalam upaya pemiliharaan Kamtibmas, personel Satuan Pengamanan harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak Kepolisian untuk segera dilakukan langkah – langkah antisipasi. Dengan demikian, eksistensi Satpam dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan dilingkungan tugasnya masing-masing.

Oleh sebab itu, tingkatkan kompetensi diri baik melalui pendidikan maupun pelatihan guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas.

“Membangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat serta Meningkatkan kerjasama sinergitas dengan jajaran Polri dan seluruh stakeholder lainnya dalam memelihara stabilitas keamanan dilingkungan kerja, pesannya.

Setelah melaksanakan upacara HUT Satpam Ke – 38 di halaman Bhayangkara Mapolres Melawi dilanjutkan acara syukuran di Aula Tribrata Mapolres Melawi, kegiatan tersebut juga dihadir oleh Wakapolres Melawi Kompol Jajang, S. Kom, Kabag Ops AKP Sofyan, Seluruh Pejabat Utama Polres Melawi, Kapolsek Jajaran dan Anggota Polres Melawi serta tamu undangan.

Dalam seremoni acara syukuran tersebut dimulai sambutan oleh Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si, dalam acara potong tumpeng Kapolres Melawi didampingi oleh Kasat Binmas AKP Thedeorus Pardamean Marbun sebagai pihak penyelenggara kegiatan dan kegiatan diakhiri dengan makan bersama.

Dalam sambutannya Kapolres Melawi menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada seluruh Satuan Pengamanan (Satpam).

“Pemuliaan Profesi Satpam, berarti kedepannya Satuan Pengamanan sama saja seperti sebuah profesi guru maupun Polisi dan lain – lainnya, jadi jangan pernah malu dan jangan pernah menganggap remeh profesi saudara saat ini. Satpam lah yang pertama menghadapi setiap persoalan yang ada di Desa – desa maupun di Perusahaan yang jauh, melakukan pengamanan maupun melakukan tindakan pertama sambil menunggu kedatangan pihak kepolisian yang memakan waktu berjam – jam perjalanan, ungkapnya.

“Satpam sebagai Mitra Polisi yang saling ketergantungan mari kita tingkatkan lagi kerjasama yang lebih solid khususnya dalam mengawal agenda Nasional yaitu Pilpres dan Pileg 2019 ini, mari bersama – sama kita ciptakan situasi kamtibmas yang kondusif menjelang Pemilu 17 April 2019 nanti. Agar dalam pesta demokrasi nanti dapat berjalan dengan aman, damai dan sejuk”, Ajak Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin./Jon Melawi.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *