Unicef dan Gerakan Pramuka Dorong Anak Muda Indonesia untuk Bicara

JAKARTA– UNICEF resmi meluncurkan U-Report Indonesia, sebuah paltfrom inovatif baru yang memberi anak muda kesempatan untuk berbicara tentang isu-isu yang memengaruhi hidupnya. Peluncuran dihadiri oleh kurang lebih 500 anak muda dari berbagai sekolah dan komunitas di Wisma Nusantara, Jakarta (6/12).

U-Report Indonesia adalah sistem jejak pendapat berbasis Twitter yang mengajukan serangkaian pertanyaan kepada anak muda tentang topik-topik penting mulai dari pendidikan hingga kesehatan dan pemerintahan. Respon yang masuk dianalisis oleh UNICEF Indonesia dan hasilnya dibagikan kepada mitra-mitra kunci untuk menciptakan perubahan positif.

Platform ini sudah dibangun sejak 2014. Selama periode itu, U-Report Indonesia sudah memiliki lebih dari 40.000 U-Reporters.  “U-Report adalah kanal dan platform baru untuk anak muda Indonesia untuk berkontribusi terhadap pembangunan dan komunitas mereka,” Kata UNICEF Innovation Lead, Jeffery Hall.

Sementara itu, terjalinnya kerjasama antara Gerakan Pramuka dengan UNICEF dalam program U-Report ini disambut antusias oleh Michael Fost, Chief Communication of UNICEF Indonesia.

“Saya sangat senang, Pramuka menjadi bagian dari U-Report. Tak ada ‘scout’di negara manapun yang menyamai Gerakan Pramuka. Sangat berbeda dari segi kualitas dan kuantitas,” ujar Michael Fost saat memberikan sambutan pembukaan acara.

Dengan mengambil tema “Gunakan Suaramu, Angka Suara Mereka”, Nining Lasiati selaku leader Tim Ciber Pramuka mengajak peserta dan seluruh anggota Pramuka Indonesia untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam isu-isu terkini lewat medsos.”Ayo, laporkan isu-isu di sekitar kalian lewat medsos @kwarnas ataupun @Ureport_Id,” jelas Nining.

Menurut Nining, lewat arahan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, kegiatan seperti U-Report ini merupakan salah contoh kongkrit upaya rebranding pramuka  agar relevan dengan spirit anakmuda kekinian. “Pramuka bukan hanya tepuk dan nyanyi saja! Bagaimana kita peduli terhadap berbagai persoalan di sekitar kita adalah kegiatan utama dari nilai-nilai yang diajarkan di Pramuka,” tambah Nining. (LHA)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *