Tumpah Salok Masyarakat Pantai Utara Diperantauan

Reporter : Devi Lahendra

POSTKOTAPONTIANAK.COM ! PONTIANAK – Merantau meninggalkan kampung halaman untuk suatu pekerjaan maupun melanjutkan pendidikan, memberikan kerinduan yang sangat mendalam kepada sanak saudara yang ditinggalkan.

IKBMPU./foto:devi
IKBMPU./foto:devi

Sejatinya untuk melepas rasa kerinduan terhadap kampung halaman, Ikatan Keluarga Besar Masyarakat Pantai Utara (IKBMPU) yang dikomandoi oleh Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MM. selaku Ketua Dewan Pembina DPD IKBMPU Kota Pontianak, yang juga merupakan Wakil Walikota Pontianak, menggelar acara halal bihalal bagi warga Sambas khususnya yang berada diwilayah pantai utara.

“Jadi acara ini kita laksanakan khusus bagi warga Sambas yang berada di perantauan yaitu di wilayah Kota Pontianak. Karena tidak sedikit penduduk Kota Pontianak yang sebenarnya mereka merupakan warga asal wilayah Pantai Utara, “ terang Edi, pada “postkotapontianak.com”, disela-sela perhelatan halal bihalal IKBMPU, di Gedung PCC Pontianak.

Ketum DPP IKBMPU Arie Mirza Wahyudin, S.Sos dan Pengurus serta Ketua IKBMPU Kab. Mempawah Udin Subari MR./ foto:devi
Ketum DPP IKBMPU Arie Mirza Wahyudin, S.Sos dan Pengurus serta Ketua IKBMPU Kab. Mempawah Udin Subari MR./ foto:devi

Ditempat yang sama, Ketua DPP IKBMPU Kalbar, Arie  Mirza Wahyudin. S.Sos, mengatakan halal bihalal warga pantai utara menjadi agenda rutin tahunan yang selalu dihelat pada bulan syawal.

“Ya ini merupakan kegiatan rutin kita, namun untuk tahun ini merupakan halal bihalal akbar yang kita khususkan untuk masyarakat pantai utara. Mulai dari Kabupaten Mempawah, Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas. Di halal bihalal ini kita tumpah ruah untuk melepas salok artinya untuk melepas rindu sama sanak saudara yang lama ditinggal dari kampung halaman, “ tutur Arie.

Arie menambahkan, sebanyak 3000 undangan disebar dalam perhelatan halal bihalal akbar tersebut. “Tak hanya para warga masyarakat Sambas (Pantai Utara) yang kita undang, namun seluruh pejabat di wilayah pantai utara juga kita undang. Dan yang hadir pada malam ini, Wakil Bupati Sambas, Walikota Pontianak, Sekda Kota Pontianak serta Bupati Kabupaten Kubu Raya, “ tukas Arie mengakhiri./*


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *