Tugas dan Beban Berat Ditengah Perpanjangan PPKM Anggota Koramil 1201-03 Mempawah Hilir Dengan Terbakarnya Lahan Gambut

Mempawah ( PKP ) – Menjadi salah satu tugas tambahan bagi Babinsa ditengah penerapan perpanjangan PPKM dalam penanganan penyebaran Covid-19 saat ini dengan terbakarnya lahan gambut diwilayah teritorial Koramil 1201-03 Mempawah Hilir Kabupaten Mempawah. Selasa (3/7/2021).

Memasuki musim kemarau saat ini hampir setiap harinya ada saja lahan gambut yang terbakar diwilayah teritorial Koramil 1201-03 Mempawah hilir baik yang disengaja maupun tanpa sengaja sehingga menjadikan tugas dan beban berat para Babinsa dalam menjalankan kewajibannya ditengah penerapan disiplin perpanjangan PPKM Covid-19 kepada masyarakat.

Babinsa Pasir Serda Damianus Batelry mengatakan sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami sebagai seorang prajurit teritorial untuk membantu masyarakat dalam mengatasi kesulitan sesuai dengan janji prajurit TNI.

Lanjut Serda Damianus Batelry kami akan terus mengajak masyarakat secara persuasif dan memberikan arahan secara edukasi untuk menumbuhkan kesadaran serta kepedulian baik lingkungan maupun kepada orang lain sehingga hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sosial masyarakat dapat diselesaikan dengan baik.

Serda Damianus menambahkan demikian juga halnya tentang kebakaran hutan dan lahan gambut dilingkungan pemukiman masyarakat yang terbakar saat ini dilakukan oleh oknum warga yang tidak bertanggung jawab sehingga dapat merugikan terbakarnya lahan dan perkebunan milik orang lain.

“Dengan memberikan arahan dan pengertian kepada warga (masyarakat) secara edukasi diharapkan masyarakat dapat memahami dan mengerti untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak membakar saat membuka lahan terlebih lagi memasuki musim kemarau” ucap Serda Damianus Batelry.

Sementara itu, salah satu warga desa pasir kecamatan Mempawah hilir saudara subandi menuturkan merasa kasihan kepada para Babinsa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya ditengah penerapan perpanjangan PPKM Covid-19 saat ini ditambah lagi harus memadamkan kebakaran lahan gambut yang dilakukan oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab.

“Tentu tidak mudah bagi mereka sebagai aparatur abdi negara (Babinsa) dalam menjalankan tugasnya sebagai mitra ditengah masyarakat dengan berbagai macam suku, budaya dan adat istiadat didesa binaannya” ungkap Subandi. (mph 1201-03)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.