Tugas Berat Menanti MKGR Kalbar Hadapi Momentum 2024

POSTKOTAPONTIANAK.COM

PONTIANAK. Sebanyak 14 DPC Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) se-Provinsi Kalbar telah dilantik dan dikukuhkan. Tugas berat menanti untuk bekerja di tengah masyarakat. Terlebih lagi menghadapi tahun politik 2024.

Demikian ditegaskan Ir H Prabasa Anantatur MH, Ketua Umum DPD Ormas MKGR Provinsi Kalimantan Barat saat memberikan sambutan pada agenda Pelantikan Pengurus MKGR Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Kalbar, Kamis (3/3/2022) di Hotel Golden Tulip Pontianak.

“Kepada para pengurus Ormas MKGR Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Barat, saya ucapkan selamat bertugasTidak lama lagi, kita memasuki tahun politik yang sangat menentukan arah dan kelanjutan negeri ini secara nasional maupun lokal,” kata Prabasa.

 

Member Of Dewan Pers

 

Mantan Wakil Bupati Sambas ini menjelaskan, Ormas MKGR memiliki peran dan tanggungjawab yang besar dalam menyukseskan agenda demokrasi tersebut. Sebab, Panca Moral telah dititipkan kepada Partai Golkar untuk turut serta dalam menentukan arah bangsa ini. “MKGR merupakan rahimnya Partai Golkar. MKGR pula yang turut melahirkan Partai Golkar,” papar Prabasa.

Menurutnya, selain agenda Pilpres dan Pemilihan Legislatif, juga dihadapkan dengan suksesi kepemimpinan di tingkat Pilkada Kabupaten/Kota maupun Pilgub. Dalam kaitan ini, menjadi tantangan tersendiri bagi Ormas MKGR dalam mengimplementasikan perannya secara maksimal.

“Semua ini agar ormas MKGR dapat diterima semua kalangan masyarakat. Kita juga mendorong kader-kader terbaik dari MKGR untuk mewarnai momentum kepemiluan tersebut,” terang dia.

Lebih lanjut Prabasa mengatakan, baru saja MKGR berulangtahun yang ke-62. Usia ini begitu bermakna. Seiring perjalanan panjang sejarah Bangsa Indonesia. Keberadaan MKGR adalah untuk mempertahankan kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia yang bersandar pada nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai pilar kehidupan berbangsa, bernegara dan bertanah air.

Konsekuensinya, ujar dia, segenap insan yang tergabung dalam Ormas MKGR memiliki peran sebagai agen dalam menyeleraskan hidup yang majemuk, kebersamaan, harmoni dan menjunjung prinsip kemanusiaan. Seperti itulah yang dicontohkan pendiri MKGR yang menuangkannya dalam Panca Moral yakni; Cinta, Jujur, Berani, Musyawarah dan Karya Nyata.

“Panca Moral ini harus menjadi denyut nadi kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Demikian pula harus menjadi tradisi atau kebiasaan dalam menumbuhkembangkan Ormas MKGR di Kalimantan Barat,” kata Prabasa yang juga Wakil Ketua DPRD Kalbar Dapil Kabupaten Sambas ini.

Pada pelantikan itu, diawali dengan Dr Adies Kadir SH MHum yang melantik kepengurusan MKGR Provinsi Kalbar. Dilanjutkan denga pelantikan DPC MKGR Kabupaten/Kota se-Kalbar oleh Prabasa Anantatur.

Hadir pada kesempatan tersebut sekaligus memberikan sambutan adalah Gubernur Kalbar, Sutarmidji SH MHum. Hadir juga undangan dari unsur Forkopimda dan perwakilan dari mitra kerja Komisi III DPR-RI.

(Humas MKGR Kalbar)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.