Tuding Pilkada Banyak Kecurangan, Puluhan Massa Datangi Kantor KPU

Reporter : Frans Somil

Sejumlah massa demo di Kantor KPU Melawi./foto : Frans
Sejumlah massa demo di Kantor KPU Melawi./foto : Frans
Terlihat masa membawa poster./ frans
Terlihat masa membawa poster./ frans

MELAWI ! POSTKOTAPONTIANAK.COM-Puluhan massa yang mengatas namakan Forum Masyarakat Peduli Melawi untuk Demokrasi melakukan unjuk rasa di kantor KPU Melawi, Senin ( 14/12/2015). Dalam orasinya yang di sampaikan, massa menolak hasil Pilkada yang digelar pada 9 Desember lalu karena diduga banyak kecurangan.

Massa bergerak sekitar pukul 10.45 WIB, kemudian melakukan long march dari Jl Pendidikan sampai ke kantor KPU, sementara itu aparat Kepolisian tampak siaga sejak pagi hari dengan peralatan lengkap. Tidak hanya itu untuk mengantisipasi adanya insiden polisi juga menyiapkan water canon, baracuda dan kawat berduri.

Aparat terlihat berjaga saat Demo di KPU./ frans
Aparat terlihat berjaga saat Demo di KPU./ frans

Dalam orasinya, satu diantara perwakilan masa, Yedi mengungkapkan, Pilkada yang dilaksanakan di Melawi kali ini telah  melukai hati masyarakat, karena banyaknya terjadi kecurangan yang ditemukan.

“ DPT yang tidak valid dan variabel, di mana data-data digunakan pada umumnya data pemilih lama, yang sudah tidak sesuai lagi dengan pertumbuhan dan perkembangan jumlah penduduk, sehingga banyak masyarakat yang tidak bisa menggunakan hak suaranya,” ungkap Yedi

Sementara Sedang berlangsungnya demo beberapa orang dari, Perwakilan massa diberikan kesempatan masuk untuk menemui Ketua KPU untuk menyampaikan tuntutan mereka, selang beberapa saat kemudian Perwakilan massa yang di Koordinator oleh Norvansyah keluar dari ruangan KPU dan menyampaikan hasil pertemuan dengan ketua KPU, bahwa apa yang di sampaikan telah diterima oleh Julita Ketua KPU bersama Komisioner KPU lainnya.

Merasa belum puas, belum mendapatkan jawaban atas apa yang di sampaikan oleh perwakilan mereka, Norvansyah dan kawan-kawan, massa pun meminta agar Ketua KPU keluar dan menyampaikan langsung hasil dialog dan bertemu puluhan massa yang telah menunggu di halaman Kontor KPU.

“ Bahwa apa yang telah disampaikan oleh perwakilan Bapak-bapak di dalam tadi semua sudah kami terima, dan untuk selanjutnya kami meminta membuat laporan secara tertulis, secara prosudur dan secara hukum yang berlaku, dan ini telah kami sepakati secara tertulis saat berdialog dengan perwakilan Bapak-bapak di dalam tadi, ucap Julita.

Kapores Melawi AKBP Cornelis M Simanjuntak di temui “ Postkota pontianak,com” mengatakan, apa bila kita mencermati apa yang di sampaikan oleh perwakilan massa tadi bahwa tuntutan dan aspirasi mereka tidak basa terpenuhi. Kemudia pada saat penetapan terpilihnya para calon nanti, mereka akan datang lagi berbondong bondong, pada tanggal 1(8/12/2015), tentu kita akan tetap melakukan pengamanan dan akan disesuaikan dengan jumlah yang disesuaikan dengan jumlah massa yang datang dan kita tetap melakukan himbauan kepada masyarakat, apapun nanti yang menjadi keputusan yang sampaikan oleh Ketua KPU itulah yang paling palit, jelas Kapolres./*

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *