Tuan Besar Raja Kubu SY.SYAHRIL,S.Sos AL-IDRUS Gelar Acara Syukuran

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( Kubu Raya ), Tuan Besar Raja Kubu Sy.Syahril,S.sos Bin Sy.Usman Bin Sy.Abbas Al-Idrus Raja Kubu VI menggelar acara syukuran dan do’a bersama yang dipusatkan di kecamatan Teluk Pak kedai Kabupaten Kubu Raya sabtu (7/10). Hadir dalam acara, Bupati Kubu Raya H.Rusman Ali.SH yang diwakil Kabag.Umum Pemkab Kubu Raya Drs.Rusfendi Usman, M.Si , Ketua DPRD Kab.Kubu Raya yang diwakili Yanto,SE, tokoh agama pemuka masyarakat dan para tamu undangan lainya.

Dalam sambutannya, Tuan Besar Raja Kubu Sy.Syahril,S.Sos Al-Idrus mengatakan, tujuan pelaksanaan syukuran ini selain mengucapkan syukur kepada Allah SWT (Tuhan Yang Maha Kuasa) atas BerkatNya kepada Keturunan SY.IDRUS BIN SY.ABDURRAHMAN AL-IDRUS (Raja Kubu I) dimana saja berada, juga sebagai ajang melepas rindu, saling memaafkan, ramah tamah, saling mengenal, saling mendo’akan, saling mendukung untuk mencapai kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan disegala bidang.

“Kita yakin lewat acara syukuran ini diharapkan akan semakin meningkatkan rasa saling mengasihi, saling terikat satu dengan yang lain dan pada akhirnya kita semua keturunan Al-Idrus akan rukun. Keturunan SY.IDRUS BIN SY.ABDURRAHMAN AL-IDRUS (Raja Kubu Pertama) dapat mengambil hikmah dari sejarah SY.IDRUS BIN SY.ABDURRAHMAN AL-IDRUS yang memiliki jiwa Pelindung, kepahlawanan, cinta kasih, kebersamaan dan persaudaraan.  hingga kini masyarakat di Kalimantan Barat, kabupaten kubu raya khususnya keturunan SY.IDRUS BIN ABDURRAHMAN AL-IDRUS mengakui bahwa dahulu kala yang bertindak menyelamatkan mereka dari segala serangan musuh (Perang).

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kubu Raya H.Rusman Ali.SH yang diwakili oleh Kabag.Umum Pemkab Kubu Raya Drs.Rusfendi Usman, M.Si dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada semua pihak yang telah hadir dan panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan acara HAUL dan Syukuran TUAN BESAR KUBU ini, seperti kita ketahui bahwa suatu pembangunan dalam bidang apapun pasti tidak akan terlepas dari unsur kualitas, kuantitas dan kesiapan sumber daya manusia yang ada, dengan dilaksanakannya acara syukuran  Tuan Besar Raja Kubu Syarif Syahril Alaydrus ini dapat mengembangkan hasanah dan budaya yang ada untuk digali dan dilestarikan sebagai Asset Daerah serta dapat mempromosikan dan memperkenalkan ke tingkat regional nasional maupun internasional.

Melalui kegiatan Haul dan Syukuran ini, diharapkan mampu mendorong serta mengembangkan wilayah dalam bidang pembangunan Pariwisata dan pelestarian Cagar Budaya agar dapat berjalan dengan baik,bersinergi apabila terjalin kerjasama antara semua stakeholder baik pemerintah,dunia usaha dan masyarakat,”Ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, sebagai upaya untuk membangun dukungan dan partisipasi masyarakat, pemerintah secara sistemik dan terus menerus berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dukungan semua pihak dalam rangka pembangunan pariwisata dan pelestarian Cagar Budaya. Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kubu Raya  telah melaksanakan kegiatan ini dimana dimaksudkan sebagai langkah awal yang diharapkan dapat mempromosikan Kabupaten Kubu Raya kedalam maupun keluar daerah.

“ Beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk meningkatkan kerjasama semua stakeholder serta partisipasi masyarakat dalam rangka pembangunan kepariwisataan dan pelestarian Cagar Budaya di Kabupaten Kubu Raya diantaranya Kampanye sadar Wisata dengan membentuk kelompok sadar wisata pada desa-desa wisata di Kabupaten Kubu Raya, koordinasi dan kerjasama dengan dunia usaha dalam rangka pembangunan Pariwisata, menumbuhkan kesadaran dan peran seluruh unsure-unsur pemangku kepentingan pariwisata untuk menjaga keamanan diseluruh wilayah Nusantara agar tercipta iklim yang kondusif bagi tumbuh kembangnya Pariwisata Indonesia yang berdaya saing, secara sistematik dan terpadu, menggerakkan motivasi kesempatan dan kemampuan masyarakat untuk mengenali dan mencintai tanah air Indonesia, menggerakkan aktifitas kepariwisataan yang dapat memberikan  nilai manfaat bagi kesejahteraan masyarakat, termasuk juga kegiatan Haul dan acara Syukuran Kerajaan Kubu Kabupaten Kubu Raya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan agar kegiatan pariwisata dan pelestarian Cagar Budaya dapat memberikan nilai manfaat bagi seluruh masyarakat serta dapat meningkatkan kesadaran untuk mendukung pembangunan kepariwisataan Cagar Budaya khusunya di Kabupaten Kubu Raya.

“Kepada Raja Kubu, Pangeran, kerabat Kerajaan, panitia dan para hadirin saya Ucapkan Selamat, dan saya berpesan agar kegiatan ini dapat menambah wawasan serta meningkatkan kesadaran untuk dapat bekerjasama dengan Pemerintah dan masyarakat luas dalam rangka meningkatkan pembangunan kepariwisataan serta melestarikan situs Budaya yang ada.”Jelasnya.

Lebih lanjut, Ketua DPRD Kab.Kubu Raya yang diwakili oleh Yanto,SE menambahkan, bahwa acara syukuran sangat wajar dilakukan karena masyarakat telah mampu memahami, mendorong serta mengembangkan wilayah dalam bidang pembangunan Pariwisata guna Penyelamatan Kearifan Lokal untuk Pemanfaatan Aset SDA, dan Kerukunan ini diharapkan memberikan kontribusi positif bagi pelestarian Cagar Budaya agar dapat berjalan dengan baik,bersinergi apabila terjalin kerjasama antara semua stakeholder baik pemerintah,dunia usaha dan masyarakat.

Pada tahun 2018 mendatang merupakan tahun politik, dimana Kabupaten Kubu Raya akan melaksanakan Pesta demokrasi. Meskipun suhu politik sedikit memanas, namun Kubu Raya telah menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi karena tidak terjadi kericuhan sesama pendukung pasangan calon ,” ujar  Yanto yang merupakan anggota DPRD Kab.Kubu Raya dari Fraksi PKS. Pasalnya, Kubu Raya  telah memperlihatkan selama ini tingginya kompetisi demokrasi, tapi tetap terkendali dan berjalan dengan sukses berada dalam bingkai demokrasi. Bila ada persoalan kecil sesuatu yang wajar dan itu adalah bunga-bunga demokrasi.

“Sesungguhnya Kubu Raya ini harus tetap dijadikan daerah yang aman, sejuk dan damai bagi siapa saja yang tinggal di daerah ini. Kemajemukan etnis juga harus menjadi hasanah yang dapat memperindah persaudaraan yang mermiliki rasa cinta kasih bagi sesama. Jangan pernah ada permasalahan sosial seperti yang terjadi di daerah lain. Sebab jika terjadi hal yang tidak diinginkan, maka masyarakat juga yang merugi,” katanya.

“ Dengan suksesnya kegiatan acara HAUL dan Syukuran TUAN BESAR RAJA KUBU, serta pemberian Gelar kepada para Pangeran Kerajaan KUBU,  Saya Ucapkan Selamat dan terimakasih beserta penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah hadir dalam acara ini.”Pungkasnya./(one/abePKP).


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *