Tingkatkan Pembinaan Teritorial Kodam XII/Tpr Gelar Sosialisasi Katpuan Komsos

Pontianak, Rabu (13/3/19) – Asisten Teritorial Kasdam XII/Tpr Kolonel Inf Muhammad Asep Apandi, S.I.P. membuka kegiatan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Sosial (Komsos) Triwulan I TA. 2019 yang diikuti perwakilan prajurit wilayah Garnisun Pontianak yang berlangsung di Aula Makodam XII/Tpr.

Dalam sambutannya Aster Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf Muhammad Asep Apandi, S.I.P. mengatakan bahwa Pembinaan Teritorial yang dilaksanakan oleh TNI AD pada hakekatnya merupakan suatu upaya dan pekerjaan untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan kekuatan pertahanan yang meliputi wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya serta terwujudnya kemanunggalan TNI-Rakyat sesuai kewenangan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lanjutnya, agar setiap prajurit mampu melaksanakan Komsos dengan baik dan benar, maka dilaksanakan kegiatan tersebut di satuan jajaran Kodam XII/Tpr, baik Satkowil maupun Sat Non Kowil dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan prajurit dalam berkomunikasi sosial dengan komponen bangsa.

Salah satu metode yang dilaksanakan dalam penyelenggaraan Binter TNI AD adalah metode Komunikasi Sosial atau yang biasa disebut Komsos. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai adalah terwujudnya prajurit yang mengerti, memahami tentang kebijakan-kebijakan Kasad khususnya dalam bidang teritorial sehingga dapat mengaplikasikan dengan benar dalam pelaksanaan tugas di lapangan, memiliki sikap netralitas TNI dalam pelaksanaan dan pengamanan pemilu. Memahami teknik komunikasi sosial melalui media sosial, pengetahuan tentang ancaman nirmiliter ( bahaya hoax ) terhadap kehidupan berbangsa dan negara. Memiliki rasa cinta tanah air dan semangat bela negara dalam kehidupan sosial bermasyarakat,” ucapnya.

Aster Kasdam XII/Tpr juga berpesan, kepada seluruh peserta sosialisasi agar dapat mencerna dan dapat mengaplikasikan materi yang telah didapat, khususnya di satuan masing-masing dalam menunjang tugas pokok TNI AD,”pungkas Asisten Teritorial Kasdam XII/Tpr mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *