Tingkatkan Kualitas Penyidikan Melalui Akses & Input Data di – MP

Foto dok humas polsek pontim untuk postkotapontianak.com

POSTKOTAPONTIANAK.COM
( PONTIANAK)  – Sejak Bareskrim Polri meluncurkan platform e-penyidikan untuk memudahkan masyarakat memantau perkembangan suatu kasus yang ditangani oleh penyidik Polri. Sistem e-penyidikan yang bertujuan untuk mengontrol dan mengawasi setiap penyidikan yang dilakukan oleh penyidik Polri. “Sistem ini menjadi mandatori setiap Petugas Penyidik, diharapkan penyidik, wajib mengisi data mengenai beban tanggung jawab kinerja yang telah diberikan,” ujar Kanit Reskrim Pontianak Timur IPTU Sarjono, Selasa(28/08/2018).

Sistem e-penyidikan akan menghimpun data penyidik tentang kompetensi, komitmen penyidik, sejarah perkara yang pernah ditangani seorang penyidik dan indeks penilaian kinerja seorang penyidik.

Adapun Penilaian terhadap kinerja penyidik dari tingkat Bareskrim hingga Polsek yang berimplikasi terhadap peningkatan tunjangan Kinerja /Remunerasi, mengukur kepatuhan terhadap SOP Penyidikan, Data DPO, DPB hingga data SKCK.

Untuk mengakses kegiatan penyidikan dapat melalui telepon genggam atau komputer dan masyarakat bisa memantau perkembangan laporan polisi yang sudah dilaporkan, jelas IPTU Sarjono.

Karen didalam proses penyidikan Ada unsur siapa, apa, di mana, dengan apa, mengapa, bagaimana dan bilamana yang menjadi data utama dan ini menjadi krusial dan memiliki relasi dengan modul-modul administrasi penyidikan lainnya. Sehingga tidak ada modul dokumen administrasi penyidikan yang memiliki elemen data tersendiri,
Sebagai database, e-penyidikan ini juga berisi data-data hasil proses penyidikan perkara pidana yang ditangani oleh seluruh satuan kerja (satker) dan sub satuan kerja (subsatker) reserse dari tingkat Polsek, Polresta, Polda hingga Bareskrim Polri.
Baca juga berita di  http://wartajurnalis.com
Kapolsek Pontianak Timur ditempat terpisah membenarkan bahwa e-Penyidikan juga berisi tentang data kehilangan maupun temuan kasus-kasus terkait kendaraan bermotor hingga executive summary dalam bentuk matriks, grafik serta peta.
Bahkan Semua akan diAkses lengkap dan jelas.

Karena Ini sangatlah penting untuk mengukur efektifitas dan efisiensi kerja serta kinerja dari anggota kita yang berugas sebagai penyidik agar lebih transparan juga kredibel bagi masyarakat, jelas Kompol Suhar. / rls Hms.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *