TINGKATKAN KARAKTER KEDISIPLINAN PRAJURIT LANTAMAL XII PONTIANAK LAKSANAKAN LATIHAN PBB BERSENJATA

Pontianak, Rabu 07 Februari 2018 Dalam rangka meningkatkan keterampilan karakter kedisiplinan prajurit dan menunjang kegiatan Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas TNI Angkatan Laut prajurit Lantamal XII Pontianak laksanakan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) bersenjata yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Lantamal XII Pontianak Jalan Kom Yos Sudarso No 01 Pontianak Kalimantan Barat.

Latihan dipimpin langsung oleh Wadan Lantamal XII Pontianak Kolonel Laut (P) Joko Sumitro, S.E., dengan instruktur Kasubdis Binpuan Dispotmar Lantamal XII Mayor Marinir Yuyun Susanto, M.Tr.Han, kegiatan ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Perwira menggunakan Pedang, kelompok Bintara dan Tamtama menggunakan senjata laras panjang jenis SS1. Latihan terbagi menjadi dua gerakan yaitu gerakan diditempat dan gerakan berjalan (Defile).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sikap disiplin, kekompakan dengan kecepatan melakukan sesuai perintah pimpinan atau pemberi aba-aba. Dengan pelaksanakan latihan yang sesuai ketentuan Peraturan Dinas Dalam (PDD), maka dapat membangun semangat kebersamaan, keterampilan dan seni yang dapat menunjukan karakter prajurit Lantamal XII Pontianak. Selain itu juga sebagai kesiapsiagaan dalam ajang persiapan menyambut pesta demokrasi Pilkada Serentak tahun 2018.

Tujuan lainnya adalah untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap, tangkas dan rasa persatuan, sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu dan secara tidak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab. Yang pada akhirnya menumbuhkan rasa senasib dan sepenanggungan serta ikatan batin pada setiap personel dalam menjalankan tugas dalam kedinasan.

Sekaligus merupakan tugas pokok sebagai personel TNI Angkatan Laut, yang dituntut adanya kesiapsiagaan, tanggap dan terlatih apabila dihadapkan pada situasi apapun. Untuk itu dilaksanakan latihan-latihan secara bertahap dan berlanjut. Latihan PBB bersenjata sangatlah diperlukan mengingat PBB bersenjata merupakan suatu ketrampilan, sehingga mustahil tanpa rutin berlatih hal tersebut dapat dikuasai dengan baik dan benar. Untuk itu wajib hukumnya bagi prajurit Lantamal XII Pontianak selalu berlatih dengan teratur, agar memiliki kemampuan yang handal.

Sumber : Dinas Penerangan Lantamal XII Pontianak.

Publish : POSTKOTAPONTIANAK.COM


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *