TINGKATKAN JIWA NASIONALISME PRAJURIT LANTAMAL XII PONTIANAK PERINGATI HARI DHARMA SAMUDERA

Pontianak, Senin 15 Januari 2018,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigadir Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi memimpin upacara peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2018 di Lapangan apel Mako Lantamal XII Pontianak, Jalan Kom Yos Sudarso no. 1 Kalimantan Barat.

 

Tanggal 15 Januari merupakan hari yang bersejarah bagi TNI Angkatan Laut yang diperingati sebagai Hari Dharma Samudera. Agenda yang digelar setiap 15 Januari itu, bertujuan untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan samudera yang gugur dalam berbagai pertempuran di laut, seperti pertempuran di Selat Bali, Laut Cirebon, Teluk Sibolga dan puncaknya adalah pertempuran Laut Aru pada 15 Januari 1962.

 

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P yang dibacakan Komandan Lantamal XII Pontianak mengatakan, bahwa upacara peringatan Hari Dharma Samudera yang dilaksanakan secara rutin oleh TNI AL setiap tanggal 15 Januari itu merupakan upacara memperingati peristiwa heroik yang terjadi di laut Aru pada 55 tahun Silam dimana terjadi pertempuran laut melibatkan 3 kapal cepat Torpedo TNI AL yaitu RI Macan Tutul, RI Harimau dan RI Macan Kumbang menghadapi kapal perang kerajaan Belanda yang lebih Modern dan canggih pada masa itu. Komodor Yos Sudarso saat itu menjabat sebagai Deputy Kasal on board di RI Macan Tutul sebagai Senior Officer Present Afloat (SOPA) bersama awak RI Macan Tutul, akhirnya gugur sebagai kusuma bangsa. Pengorbanan para pahlawan tersebut telah menorehkan tinta emas dalam sejarah nasional perjuangan bangsa Indonesia.

 

“Para pahlawan Laut Aru telah memberikan teladan sejati kepada kita yakni sikap kesatria dan rela berkorban. Mereka telah membuktikan bahwa bangsa Indonesia tidak pernah gentar dalam menghadapi musuh upaya mempertahankan wilayah dan kedaulatan NKRI. Sikap kesatria dan rela berkorban tersebut merupakan cerminan dari kedisiplinan, hierarki dan kehormatan militer yang selalu terjaga meskipun dalam kondisi kritis”,kata Kasal dalam amantnya.

 

Lebih lanjut Kepala Staf TNI AL mengatakan, 5 sebagai contoh dalam meningkatkan kualitas prajurit dengan karakter yang tangguh dan dapat diandalkan. Terkait dengan hal tersebut, salah satu kunci keberhasilan perjuangan di masa lalu, yang dapat kita jadikan sebagai pedoman adalah sikap kebersamaan, senasib dan seperjuangan, integritas tinggi, kerja keras, kerja cerdas, tanpa pamrih, serta lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kelompok. Oleh karena itu, melalui peringatan hari dharma samudera ini, saya menekankan kepada kita semua untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta nilai-nilai keteladanan yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita, sebagai kontribusi positif dan karya nyata dari segenap prajurit matra laut dalam pengabdian kepada negara dan bangsa, serta demi terwujudnya tni angkatan laut yang handal dan disegani serta berkelas dunia.

 

Danlantamal XII Pontianak Brigadir Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi mengatakan Hari Dharma Samudera ini adalah hari yang bersejarah buat TNI Angkatan Laut, Lantamal XII Pontianak dengan segala keterbatasan yang ada, kita tidak boleh menyerah, tetap semangat semua permasalahan pasti dapat diatasi. Seluruh jajaran dibawah Lantamal XII Pontianak selalu bergerak dengan cepat bisa berkolaborasi dengan satuan lain seperti Basarnas dalam menyelesaikan masalah di wilayah Perairan Pontianak khususnya.

 

Turut hadir pada upacara peringatan Hari Dharma Samudera tersebut, Wadan Lantamal XII Pontianak Kolonel Laut (P) Joko Sumitro, S.E., para Asisten Danlantamal XII Pontianak, para Kadis/Kasatker Lantamal XII Pontianak, Perwira, Bintara, Tamtama dan ASN Lantamal XII Pontianak serta PPAL./*

Sumber : Dinas Penerangan Lantamal XII Pontianak.

Publish : POSTKOTAPONTIANAK.COM


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *