Tingkatkan Disiplin dan Jiwa Korsa, Babinsa Toho Latih Linmas Desa

Serap Aspirasi : Lakukan Reses di Tiga Kecamatan, Masyarakat Antusias Sambut Kehadiran Ermin Elviani,SH

 

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MEMPAWAH – Babinsa Desa Pak Utan, Koramil 05/ Toho, Kodim 1201/ Mempawah, Sertu Abdul Wafi, memberikan pelatihan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Pelatihan Baris Berbaris(PBB) kepada sejumlah Perlindungan Masyarakat(Linmas) di desa binaannya, bertempat di Kantor Desa Pak Utan, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Senin(7/2/2022).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengingatkan dan melatih kembali kedisiplinan serta ketangkasan para anggota Linmas, agar dapat diimplementasikan kepada masyarakat.

Sertu Wafi mengatakan, bahwa Selain membantu masyarakat binaan, dirinya juga bertugas memberikan pembinaan keterampilan dan pembinaan fisik serta mental para anggota Linmas untuk mengasah kemampuan yang selama ini ia miliki.

“Memberikan pembinaan kepada anggota Linmas, juga termasuk tugas Babinsa.Baik pembinaan fisik maupun mental, untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan mereka kembali”,kata Sertu Wafi.

Pembinaan Linmas, lanjutnya, merupakan salah satu kegiatan pembinaan pertahanan wilayah (Bintahwil), dimana Babinsa memiliki tugas menjalin kemitraan dengan para anggota Linmas sebagai upaya mata dan telinga terhadap segala perkembangan yang terjadi di wilayah binaan.

“Dengan dilaksanakannya pembinaan Linmas ini, saya yakin, para anggota Linmas akan bisa menjalin hubungan kerja yang harmonis. Meskipun materi yang disampaikan adalah gerakan ketangkasan fisik seperti Peraturan Baris Berbaris, namun melalui pengetahuan Wawasan Kebangsaan mereka akan belajar tata cara hidup berbangsa dan bernegara dengan benar”,ucapnya.

Sertu Wafi menjelaskan, selain pelatihan ketangkasan fisik, para Linmas juga dilatih disiplin, sehingga diharapkan kedepannya menjadi contoh dilingkungan masyarakat.

“Kita selenggarakan pelatihan ini, bertujuan untuk mendidik dan melatih disiplin para anggota Linmas. Mereka adalah mitra Babinsa, sehingga diharapkan ke depannya dapat diimplementasikan dalam kerja mereka di lingkungan masyarakat,” ungkap Babinsa.

Sementara itu, Samuel Siswoko, Kades Pak Utan mengatakan, bahwa Linmas adalah sebagai bagian dari masyarakat, sehingga harus dapat menjadi contoh bagi masyarakat yang lainnya.

“Sebagai bagian dari masyarakat, Linmas harus menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam hal disiplin dan semangat bela negara, serta jiwa korsa atau kebersamaan yang kuat didalam lingkungan masyarakat”,pungkas Kades Pak Utan.(1201-05) BS.

Pendim 1201/Mpw.

 


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.