Tindakan Persuasif Bagi Pengunjung Pasar Sebukit Rama, Wajib Kenakan Masker

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MEMPAWAH : Petugas gabungan Pemerintah Kabupaten Mempawah melakukan langkah persuasif yaitu pengunjung yang tak menggunakan masker dihadang dan diminta untuk pulang ke rumah di Pasar Sebukit Rama Mempawah, Jumat (09/05/2020).

Tindak persuasif yang dilaksanakan petugas gabungan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja (Perindagnaker), Sat Pol PP, Dishub dan lainnya itu berlangsung kurang lebih 1,5 jam dan akan dilakukan setiap harinya. Petugas menghadang lalu lintas pengunjung di depan gerbang Pasar Sebukit Rama Mempawah.

“ Secara umum, pengunjung yang tidak memakai masker kita minta untuk pulang ke rumah. Kita minta mereka pulang dulu mengambil masker, setelah itu baru boleh berbelanja ke Pasar Sebukit Rama,” ujar Kepala Disperindagnaker, Yusri, yang turun langsung memimpin kegiatan tindak persuasif penggunaan masker itu.

Yusri mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker di tengah pandemi Covid-19.

“ Kami juga memberikan pengecualian. Bagi pengunjung yang rumahnya jauh dari lokasi pasar, maka kita toleransi dengan memberikan masker. Pedagang dan konsumen yang sudah berumur juga kita berikan masker,” ujarnya.

Khusus pedagang, kata Yusri, pihaknya juga memberikan edukasi dan pengertian tentang penggunaan masker. Namun jika masih ada pedagang yang membandel tidak menggunakan masker saat berjualan, maka akan dikenakan saksi tegas.

“ Untuk pedagang, jika masih membandel tidak memakai masker saat melakukan transaksi dengan konsumen maka akan kita sanksi yakni tidak boleh berjualan sampai pedagang bersangkutan memakai masker,” tegasnya.(Guns)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *