Tindak Tegas, Dugaan Penyimpangan Pupuk Subsidi

Ketapang – Keberadaan pupuk subsidi yang disalurkan sebenarnya sangat membantu para petani yang ada di kabupaten Ketapang.

( Salah satu tempat penyimpanan pupuk./ m.yusuf )

Dimana Pemerintah pusat melalui Kementrian Pertanian dan Peternakan memberikan program pupuk subsidi kepada para petani dan para nelayan dan masih banyak juga program-program pemerintah pusat yang melalui kementrian.

Namun saat ini untuk pupuk buat para petani yang bertuliskan pupuk subsidi tidak boleh perjual belikan hanya isapan jempol.

Indikasi kuat masih banyak pupuk subsidi yang di jual bebas para tengkulak dan pengepul dengan dalih itu kelompok atau Gapoktannya sudah memiliki ijin.

Tentu saja program tersebut hanya angin segar saja namun kenyataan di lapangan masih banyak distributor ataupun agen memainkan pupuk subsidi yang di larang. Itu .

Saat ini di kabupaten Ketapang ada ribuan ton yang beredar luas pupuk subsidi jenis MPK dan beberapa merek lainnya . Herannya, dugaan kecurangan para pengusaha yang ada masih saja terjadi.

Menurut Dody Kasi Pupuk dan alsintan Dinas Pertanian Kabupaten Ketapang,” distributor di kabupaten Ketapang ada empat,”dan itu di bagi menjadi empat wilayah kerja untuk kompoktan, katanya, Kamis, (16/11/2017).

Adapun sekitar 5132 ton pada tahun 2017 yang tersebar di 20 Kecamatan dan di bagi 5 sektor, Hultikultur, Pertanian, Perternakan, Perkebunan dan perikanan serta beberapa jenis pupuk lainya, jelas Dody.

Sementara kalau pupuk subsidi yang di tempat seperti toko-toko pertanian kemungkinan sengaja di ambil dari distributor yang di tunjuk dari kementrian tentang penyaluran pupuk subsidi kalau pupuk subsidi ini menebusnya melalui rd kk, ungkapnya./ m yusuf/ra.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *