Tim Gugus Tugas Rafid Test Massal Pedagang Pasar Tradisional Sebukit Rama Mempawah

Poskotapontianak.com
Mempawah – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mempawah melaksanakan rapid test terhadap pedagang di Pasar Tradisional Sebukit Rama, Kecamatan Mempawah Hilir, Rabu (03/06/2020) pukul 09.00 WIB.

Sebelum dilaksanakan rapid test, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja (Perindagnaker) telah melakukan sosialisasi kepada para pedagang. Dijelaskan, rapid test merupakan langkah antisipasi dini untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Ada yang langsung mendaftarkan diri, tapi ada pedagang yang tak bisa meninggalkan barang dagangan, lantas meminta solusi dari petugas. Akhirnya diputuskan, bagi pedagang yang tak bisa meninggalkan dagangannya, akan digunakan sistem jemput bola. Artinya, test dilakukan di lokasi pedagang berjualan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mempawah, drg Mukhtar Siagaan, mengatakan, proses rapid test bagi pedagang Pasar Sebukit Rama Mempawah berlangsung tertib dan lancar.

Ia mengapresiasi kerjasama dan pemahaman para pedagang akan pentingnya rapid test demi keselamatan dan kesehatan mereka sendiri. Ada 155 pedagang yang menjalani rapid test. Hasilnya, semua non reaktif.

“Meski non reaktif, kita tetap mengimbau agar para pedagang tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 saat bertransaksi dengan pembeli,” ungkap Mukhtar.

Misalnya, menyediakan sarana cuci tangan di tempat usaha, menjaga physical distancing dan mengenakan masker. Sebab masyarakat pedagang tergolong sangat rentan terinfeksi Covid-19 karena interaksi dengan banyak orang setiap hari.

Kepala Dinas Peridagnaker Kabupaten Mempawah, Yusri, membenarkan sebelum rapid test, pihaknya telah melaksanakan sosialisasi ke masyarakat pedagang. Ini merupakan upaya Pemkab Mempawah untuk memetakan dan mencegah penyebaran Covid-19.

“Dan kita bersyukur, proses rapid test berlangsung tertib dan lancar. Terima kasih kami sampaikan kepada pedagang di Pasar Sebukit Rama atas kesadarannya untuk memeriksakan diri. Apalagi hasilnya non reaktif semua. Ini patut kita apresiasi,” pungkasnya.(Guns)

IG : postkotapontianak_

FB : Postkota PontianakCom

TW : @PKPNews


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *