TERSANGKA CURAS  NIKAH DI POLSEK KEPENUHAN, IPW DAN KI APRESIASI LANGKAH  KEPOLISIAN 

( Foto : ist )

( JAKARTA ) -Tindakan antisipatif yang dilakukan Kapolsek Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), AKP Fatman, menikahkan tersangka Pencurian Dengan Pemberatan (Curat) di Mako Polsek, hal ini terkesan unik, malah  sikap itu mendapat apresiasi, Ind Police Wacth (IPW) dan Kamtibmas Indonesia (KI). 

Ketua Presidium IPW, Neta S Pane tindakan kapolsek tersebut patut diapresiasi. Apa yang dilakukannya sebuah langkah yang tepat sebagai pimpinan kepolisian yang profesional.

” Dia (Kapolsek)  sudah melakukan tindakan antisipatif dan tindakan penegakan hukum tapi sekaligus melakukan tindakan pengayoman kepada masrakat,” sebutnya.

“Artinya masyarakat yang melakukan pelanggaran hukum tetap ditindak dan diproses,” terang Neta S Pane dan menjelaskan tapi karena tersangka akan menikah, proses pernikahan itu tetap bisa dilakukan meski hal itu di kantor polisi.

” Ini sebuah solusi yang patut diapresiasi dari seorang pimpinan kepolisian di tingkat bawah,” papar Neta S Pane menjelaskan.

Di tempat berbeda, Perkumpulan Kamtibmas Indonesia, Sutan Erwin Sihombing (SES), SH, juga  memberikan apresiasi atas tindakan yang sigap dilakukan  personil Polsek Kepenuhan dengan tujuan mengamankan langsung tersangka.

( Foto : ist )

“Karena sebagai langkah sigap atas pelayanan masyarakat di samping untuk menghindari adanya tindak pidana lanjutan serta dimungkinkan kaburnya tersangka” urainya.

Lebih Lanjut, Erwin Sihombing, kalau Kamtibmas Indonesia melihat peristiwa tersebut yakni dengan dinikahkan agar tidak menghilangkan hak asasi manusianya.

Sebelumnya, Sabtu (1/4)  sekitar puku 11.00 Wib Jajaran Polsek Kepenuhan mengamankan seorang laki-laki diduga pelaku Tindak Pidana (TP) Curat. Sesuai  Laporan Polisi Nomor : LP/15/III / 2017 / RIAU / Res. Rohul/Sek.Kepenuhan, Tanggal 18 Maret 2017.

” Pelaku yang diamankan MA (24), Warga  Sosial Kampungbaru, Desa Pekantebih, Kecamtan Kepepenuhan Hulu-Rohul,” kata Kapolres Rohul melalui Paur Humas IPDA Hery Sitorus.

Hery Sitorus menerangkan, Pelapor  atas nama Baharuddin (38) Warga Desa Muara Jaya, Kecamatan Kepenuhan Hulu-Rohul. Kemudian saksinya, Setiwati (32) dan Ujang (50) pelapor dan saksi juga warga yang sama.

” Kemudian Barang Bukti (BB), 1 unit HP merk samsung j7 prime warna putih silver, 1 unit HP merk samsung galaxy warna putih, 1 unit Tab merk Advan warna putih, 1 unit honda vario techno warna putih, 1 buah gelang emas jenia gram,  uang sejumlah Rp. 4. 000. 000 dan 1 buah tas merk POLO warna hitam,” ungkap Paur Humas

Kronologi kejadian, Jumat (17/3) sekitar pukul 21.30 Wib korban meninggalkan rumahnya untuk menghadiri  rapat di Kantor Desa Muara Jaya, sedangkan anak dan istri korban tinggal di dalam rumah sedang tidur, Sabtu (18/3) sekitar 01.15 Wib, korban pulang dari rapat di Kantor Desa dan melihat pintu rumah bagian belakang sdh terbuka korban mulai curiga dan ternyata rumahnya dimasuki maling.

Tidak itu saja, maling juga mengambil barang-barang berupa hp Samsung Galaxy J7, hp Samsung Galaxy J1, 2 unit tablet advanced vandroid T2H yang di terletak di atas meja kerjanya sudah tidak ada lagi.

Selanjutnya korban memeriksa laci tempat korban menyimpan uang dan uang sebesar kurang lebih Rp 45.000.000  yang ada di dalam laci sudah tidak ada lagi uang anak  sebesar Rp 600.000  yang ada di dalam dompet sudah tidak ada dan gelang kaki seberat 3 gram yang diletakkan di atas lemari juga tidak serta SPM Honda Vario dengan BM 2902 UU yang di parkirkan di ruang tengah juga sudah tidak ada lagi.

Melihat kejadian tersebut korban menelfon RT setempat Ujanguntuk memberitahukan kejadian tersebut korban mengalami kerugian Rp 72.000.000 dan korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kepenuhan.

Adapun kronologis penangkapan Sabtu (1/4),  sekitar pukul 09.00 wib  Anggota Polsek Kepenuhan mendapat info dari masyarakat bahwasanya yang di duga pelaku curat atas nama Muhammad Alinakan melaksanakan akad nikah di Sosial Madani Desa Pekan Tebih

Mendapat info tersebut Kapolsek Kepenuhan AKP Fatman memerintahkan Personil Polsek Kepenuhan Bripka Andi Afrima, Bripka A. Rahmat HSB, Bripka Sabariadi dan Bripka Suratno untuk mengechek kebenaran info tersebut dan memang benar karena melihat situasi masyarakat dari pihak korban sudah ramai Anggota Polsek Kepenuhan membawa yang di duga pelaku diamankan ke Polsek Kepenuhan.

Selanjutnya keluarga dan calon istrinya menyusul ke Polsek Kepenuhan untuk melakukan akad nikah di ruangan Kapolsek Kepenuhan setelah akad nikah dilakukan pihak keluarga perempuan pulang ke tempat tinggalnya pelaku atas nama Muhammad Ali  dilakukan pemeriksaan dan pelaku mengakui semua perbuatannya.

“Seterusnya kitanmengamankan pelaku berikut  BB yang ada kaitannya dengan perkara .Tindakan yang dilakukan riksa pelaku, rerbitkan SP.Han dan mengmankan Pelaku dan BB,” pungkas Hery Sitorus (r.lbs/risto)/PKP


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *