Terkait Perkembangan Pandemi Covid-19, Kapolres Beserta Jajarannya Lakukan Kunker ke Dinas Kesehatan Majalengka

PKP ! MAJALENGKA – Kapolres Majalengka AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso didampingi Kasat Intelkam AKP Dadan Sudirman, dan Kapolsek Majalengka Kota AKP Kustadi melaksanakan kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka yang berada di Jl.Gerakan Koperasi, Kelurahan Babakan Jawa, Kecamatan dan Kabupaten Majalengka, Selasa (10/6).

Kapolres Majalengka tiba di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka disambut dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Majalengka H. Alimudin S.Sos.,M.M.,M.M.Kes, Direktur RSUD Cideres dr. Asep Suandi,M.Epid, Direktur RSUD Majalengka dr. H. Harizal F. Harahap.M.M, beserta para Pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka dan dihadiri Danramil Majalengka yang diwakili oleh Bhabinsa Serka Idi Rayadi.

Maksud dan tujuan Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) sekaligus Koordinasi dan menyamakan persepsi terkait Perkembangan Pandemi Covid-19 khususnya pada fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) / New Normal di Wilayah Kabupaten Majalengka.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabulaten Majalengka menerangkan terkait Perkembangan Covid-19 di Wilayah Kabupaten Majalengka bahwa terdapat Orang Tanpa Gejala (OTG) 113 orang terdiri dari 41 orang dalam pemantuan dan 72 selesai pemantuan, Orang Dalam Pemantuan (ODP) 552 orang dengan rincian dalam pemantuan 14 orang dan selesai pemantuan 538 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dalam pengawasan 2 orang, selesai pengawasan 48 orang dan meninggal dunia 10 orang. Terakhir untuk pasien positif 7 orang meliputi 3 orang dalam perawatan, sembuh 3 orang dan 1 orang meninggal dunia.

Selanjutnya, Kadinkes menjelaskan pula bahwa Pemkab Majalengka / Tim Gugus Covid-19 akan melakukan swab massal di bekas Pasar Lawas Majalengka yang rencana dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 11 Juni 2020, mulai pukul 09.00 Wib s/D selesai, dimana tes swab massal dilakukan untuk mempercepat penangan Covid-19 di Kabupaten Majalengka dan itu dilakukan secara masif terhadap 51 Orang terdiri dari OTG dan ODP yang diindikasikan kontak erat dengan Pasien Positif Covid-19.

Untuk hasil sampel tes swab tersebut rencannya akan dibawa ke Laboratorium Covid-19 Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Djati (Unswagati) Cirebon untuk diuji dengan alat Polymerase Chain Reaction (PCR).

Kemudian, Kapolres Majalengka menyampaikan bahwa terimakasih atas penyampaian yang disampaikan oleh Kadinkes Kabupaten Majalengka sekaligus Jubir Tim Covid-19 Kabupaten Majalengka, dimana Polres Majalengka dalam rangka memutus mata rantai Covid-19 sudah melaksanakan berbagai upaya baik himbauan protokol Kesehatan, bekerjasama dengan Tim Gugus Covid-19, Baksos terhadap warga masyakarat dan lain sebagainya.

Selain itu, Kapolres Majalengka juga menyampaikan khususnya dalam menyikapi Fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) / New Normal di Wilayah Kabupaten Majalengka hari Jumat tanggal 05 Juni 2020 Polres dan Polsek jajaran sudah melaksanakan bersih – bersih Masjid secara serentak serta untuk pelaksanaan shalat Jumat sudah melaksanakan himbauan terkait Protokol Kesehatan serta akan dilaksanakan kembali pada hari Jumat selanjutnya.

Selanjutnya, Kapolres Majalengka menyampaikan pula terkait antisipasi terjadinya pengambilan paksa jenazah di rumah sakit oleh pihak Keluarga tanpa memperhatikan protokol kesehatan, dimana hal tersebut jangan sampai terjadi di Wilayah Kabupaten Majalengka, Untuk rencana swab massal di bekas Pasar Lawas Majalengka yang rencana dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 11 Juni 2020 dan Polres Majalengka siap mengamankan jalannya kegiatan tersebut. Jelasnya AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso. (mam)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *