Tanggap Bencana, Koramil Jelai Hulu Bantu Evakuasi Warga Terkena Banjir

POSTKOTAPONTIANAK.COM

Ketapang, Minggu (21/6/20)- Derasnya curah hujan mengakibatkan meluapnya air Sungai Jelai Hulu sehingga merendam pemukiman warga. Untuk itu, Koramil 1203-14/Jelai Hulu, Kodim 1203/Ketapang, bersama anggota Polsek Jelai Hulu serta masyarakat bahu membahu melakukan evakuasi terhadap pemilik rumah dan barang-barang warga yang terendam banjir di Desa Periangan, Kecamatan Jelai Hulu, Kabupaten Ketapang.

Dandim 1203/Ktp Letkol Kav Jami’an.,S.I.P., berdasarkan laporan Pelda Achmad Masrudi Plh. Danramil 1203-14/Jelai Hulu menjelaskan, dari pemantauan anggota Koramil 1203-14/Jelai Hulu dilapangan, meluapnya air sungai terjadi sekitar pukul 03.00 wib pagi. Yang mengakibatkan akses Jalan Budi utomo dan beberapa rumah warga di Desa Periangan, Kecamatan Jelai Hulu yang berada di dataran rendah terendam air.

“Dari data yang di peroleh, 6 (enam) rumah warga telah di evakuasi ke tempat yang aman. Alhamdulillah evakusi berjalan aman dan lancar,” kata Dandim.

Selanjutnya Dandim menuturkan, dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari ini, Ia telah memerintahkan seluruh jajaran khususnya Koramil Jelai Hulu agar tetap siaga. Pantau terus perkembangan situasi wilayah binaanya mengantisipasi banjir susulan dan laporkan. Utamakan faktor keamanan dalam pelaksanaan tugas dan tetap memedomani disiplin protokol kesehatan Covid-19. Lakukan imbauan kepada warga yang bermukim dipinggiran sungai agar tetap waspada.

“Kepada para Babinsa agar tetap waspada dan sigap untuk membantu masyarakat dan mengantisipasi kemungkinan banjir susulan. Walaupun memang banjir disini biasanya tidak berlangsung lama dan akan reda ketika air sungai mulai surut,” ungkapnya.

“Hingga saat ini, ketinggian air dibahu jalan mencapai sekitar 80 cm, dan dipemukiman warga sekitar 1 meter. Untuk itu saya perintahkan Babinsa selalu siaga, pantau terus perkembangan situasi sambil membantu warga mengevakuasi barang-barang rumah warga yang terendam air kelokasi yang lebih tinggi, tentunya selalu berkoordinasi dengan BPPD Kab. Ketapang dalam penanganannya,” pungkasnya. (Pendam XII/Tpr)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *