Tanah Longsor Dibukit Matok

MELAWI,  PKP – Detik detik tanah longsor pada pukul 01.00 wib ( dini hari) masyarskat pengguna jalan terjebak akibat lonsor Bukit Matok. Kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi, Jumat pagi (1/3),

Lonsor di kawasan Bukit Matok terjadi sekitar pukul 1.30 WIB.kata Yusak (35) Saksi yang melihat langsung awal kejadiannya

.Saat itu dia bersama anak lelaki nya yang masih balita sedang melakukan perjalan pulang dari Sekadau menuju Nanga pinoh kabupaten melawi. Saat awak media lansung menemui Pak Isak saksi melihat kejadian lonsornya bukit matok.

Saat kejadian terdengar suara gemuruh dari atas bukit di sertai air dan tanah longsor ke badan jalan, hanya ada tiga mobil berada di tengah tengah jebakan, material lonsor sudah menutupi badan jalan raya propinsi Sintang Nanga Pinoh.

Menurut  Yusak salah satu warga yang menceritakan lonsornya tanah tersebut,  sempat membuat suasana sangat mencekam. Bahkan beberapa tiang listrik dan Kabel pun tumbang ke badan jalan,tak hanya tanah berlumpur, batu – batu sebesar ukuran kepala orang dewasa hingga sebesar Ban Mobil terlihat berserakan di badan jalan , tuturnya.

Terkait kejadian lonsor tersebut,Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)Kabupaten Melawi Makarus Horong.S.sos saat meninjau ke lokasi Longsor Mengatakan, Satu -satunya akses Jalan hanya ini, mengingat ini jalan nasional, kita akan kordinasikan dan melaporkan ke PU propinsi. ” Kita berharapan  PU Propinsi dapat melakukan perencanaan untuk pengamanan kawasan ini Supaya Tidak terjadi longsor lagi, jelas dia.

Tapi yang terpenting di sini kan ada kegiatan pengalian Batu yang sipat nya agak liar,kepada dinas terkait supaya di tertibkan,kalau tidak,tetap jadi persoalan, akan longsor lagi, karena badan jalan betul-betul di pinggir tebing, Nanti akan kita sampaikan kepada Bupati, mungkin akan di lakukan rapat kordinasi dengan ke Camat,untuk di lakukan penertiban pe ambang batu liar di sini,kalau masih di biarkan,di kawasan ini tetap akan terjadi longsor yang tak dapat di hindarkan lagi
Mengingat saat ini tingkat curah hujan cukup tinggi, kata Horong menambahkan.

Kapolsek Belimbing IPTU Haryanto menghimbau kepada masyarakat pengguna jalan agar lebih berhati hati,mengingat saat ini masih dalam penanganan,kita minta bantuan perusahaan terdekat mengunakan alat berat, bersama Dinas PU,PLN,karena ada juga tiang-tiang dan kabel yang berserakan di badan jalan.

saat ini Polsek Belimbing telah mengerahkan seluruh anggota nya untuk membantu Masyarakat,mudah mudahan lah dapat terlaksana secepatnya,mengingat hanya ini lah akses jalan satu satunya jalan propinsi Menuju Sintang dan ke Melawi

Sampai saat ini, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Melawi,beserta PU,PLN,TNI,POLRI dan Masyarakat sedang membersihkan material longsor di jalan tersebut. Dimana Akses jalan sempat tertutup beberapa jam.

Longsor disebabkan hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Melawi dan sekitar nya kamis (28/2) sore. Akibatnya, lalu lintas di Jalan sempat tertutup beberapa waktu.
“Saat ini sedang diupayakan pembersihan material longsor agar akses jalan bisa dilalui
Menurutnya, meski material longsor cukup besar, tidak ada korban dalam bencana tersebut. “Untuk sementara ini belum ada laporan korban jiwa maupun luka,” tutupnya.

(Jon/Melawi/PKP

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *