Tanah Labil Dua Rumah di Garsel Tertimbun Longsor

POSTKOTA PONTIANAK.COM

GARUT-Sedikitnya dua rumah tertimbun tanah longsor dan 21 rumah lainnya terkena imbas akibat tanah longsor yang terjadi Sabtu malam (29/11/2014) di Kp Cikarawang Desa Sukarame Kecamatan Caringin Garut Jawa Barat.

IlustrasiInformasi yang didapat dari pengurus Forum Masyarakat Perduli Desa Sukarame Minggu pagi, menyebutkan, jumlah rumah yang terkena imbas parah akibat tanah longsor dua rumah yaitu milik Ogi dan milik Rahmat. Sedangkan 14 rumah lainnya terancam longsor susulan karena kondisi tanahnya retak dan labil dan 9 rumah lainnya rusak ringan sedangkan 1 mesjid dan penggilingan padi milik warga ikut juga terkena dampak.

“ Jika tidak segera ditangani serius bukan tidak mungkin longsor susulan bakal terjadi mengingat kondisi cuaca di desa Sukarame dari kemarin hingga pagi ini terus menrus di guyur hujan,” kata Herna S Permana, Sekretaris Forum Masyarakat Perduli di kantor sekretariatnya mingu pagi.

Diungkapkan Herna, pihaknya kaget saat mendapat laporan dari warga bahwa telah terjadi tanah longsor di Cikarawang yang hingga saat ini belum ditangani oleh pemerintah setempat padahal mereka butuh bantuan yang tidak bisa di anggap remeh.

“ Saat mendapat informasi dari warga saya langsung bergerak berupaya melakukan evakuasi semampu mungkin dan mendata jumlah kerugian dan korban. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu,” ungkapnya.

Forum Masyarakat Perduli mendesak agar Badan Penaggulangan Bencana Daerah segera melakukan tindakan nyata dilapangan mengingat masyarakat sangat membutuhkan bantuan sesegera mungkin. Ya kami beserta masyarakat menunggu bantuan dari berbagai pisak sembari berupaya mengevakuasi korban akibat dampak tanah longsor sekemampuan kami,” tandas Herna. ( Asep Nasrudin)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *