Tagana Siap Hadapi

Antisipasi Terjadi Bencana Banjir

POSTKOTA PONTIANAK.COM

DEPOK-Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok Diah Sadiah membenarkan, bahwa Taruna Siaga Bencana (Tagana) selalu siap untuk berpartisipasi memberikan bantuan jika terjadi banjir. Kadis Nakersos Kota Depok Diah Sadiah (Ist)Sebab Tagana memilik peran sebagai suatu kekuatan yang ada dalam masyarakat dari unsur generasi muda dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana yang kemungkinan akan terjadi.

“Artinya Tagana tersebut selalu siap mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana banjir seiring di musim hujan,” teranganya kepada wartawan, Selasa (2/12/2014), di Balaikota Depok.

Diah menjelaskan, bahwa Disnakersos juga selalu berkoordinasi dengan semua OPD dan pihak lain untuk menghadapi kemungkinan banjir. Maka Tagana yang tersebar di tiap kecamatan merupakan ujung tombak Pemkot Depok untuk memantau titik-titik rawan banjir.

“Artinya, Tagana tiap kecamatan ini sudah mendapatkan latihan dari Disnakersos Provinsi dan Kementerian Sosial tentang standar operasional prosedur (SOP) penyelamatan bencana,” jelas Diah.

Diah mengingatkan, bahwa tiap OPD memiliki Satlak Banjir, seperti Satpol PP, BMSDA, Distarkim, DKP, Dinkes dan Damkar selalu saling koordinasi untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi.

“Pentingnya koordinasi di setiap OPD memudahkan Pemerintah melakukan pertolongan jika terjadi banjir,” imbuhnya.(Faldi/Sudrajat)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *