Sutarmidji Pinta Tutup Mall Transmart Kubu Raya, 16 Orang Pekerja Bangunan Positiv Covid 19

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MEMPAWAH KALBAR — Geram Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, mengetahui 16 orang pekerja Mall Transmart Kubu Raya positif covid 19.

Informasi ini disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kalbar, usai melakukan tes swab kepada 16 orang pekerja bangunan Mall Transmart positif virus Covid-19. Selasa (28/07/2020).

Sutarmidji Gubernur Kalbar, usai kegiatan pembagian sapi di Kantor Gubernur Kalbar sampaikan terkait hasil tes swab dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat ditemukan bahwa ada 16 orang positif virus covid 19 pekerja bangunan di sebelah Mall Transmart Kubu Raya.

“Kepada Pemilik Mall Transmart Kubu Raya, untuk menutup tempatnya, sejak hari ini, selasa (28/07/2020), dan segera berhentikan pekerja bangunan Mall Transmart itu, tidak mau tau apa alasannya,” geram Midji.

Hilang kecerian Gubernur Kalbar Sutarmidji usai melakukan penyerahan bantuan sapi, lantara diungkapnya kasus 16 pekerja Mall Transmart positif covid 19.

“Jika itu sangat riskan bagi warga Kalbar, kita tutup Mall Transmart dan berhenti, apalagi lokasi pekerjaan berdekatan, bisa membahayakan, orang sering berkunjung ke Mall Transmart,” tegas Midji.

“Saya sudah sampaikan kepada APH, jika perlu dipasang Police Line, lokasi itu, demi menjaga keselamatan warga Kalbar,” Tegasnya.

Gubernur Kalbar Sutarmidji menceritakan kronologis kejadian 16 orang pekerja yang postif covid 19, mengatakan bahwa ditemukan pekerja bangunan di Transmart ada 16 orang yang positif, sesuai hasil laporan riwayat perjalanan mereka datang ke Kalbar, dengan menggunakan kapal laut keberangkatan dari Jawa Tengah ke Pontianak.

Menindaklanjuti kejadian ini, adapun langkah-langkah antisipasi Gubernur Kalbar Sutarmidji lakukan adalah dengan perintahkan kepada pihak transportasi kapal Laut untuk menutup perjalanan pelabuhan pontianak dan juga kepada pekerja di Mall Transmart agar berhenti beroperasi dalam pembangunan.

“Saya minta supaya tidak ada penumpang lewat kapal sampai 14 hari kedepan dan saya minta pekerjaan di Transmart diberhentikan selama 10 hari ditutup dan tidak boleh ada pekerjaan disitu dan disterilkan,” tegas Midji.

Gubernur Kalbar meminta pertanggungjawaban kepada pelaksana terkait masalah ini dan jika nanti diusut masalag dokumen perjalanan pekerja tersebut didapati adanya pemalsuan dokumen maka akan dilakukan tindakan tegas oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Kepolisian Daerah Kalbar.

“Ini membahayaan warga masyarakat Kalbar yang saat ini Pemprov Kalbar tengah menjaga agar virus Covid-19 tidak tertular, tetapi ada kedatangan masyarakat luar Kalbar datang sehingga menularkan, bisa-bisa status Kalbar bukan membaik, tapi jadi memperburuk dengan adanya kedatangan mereka,” kesal Midji.

Demi menjaga stabilitas keselamatan dan kesehatan masyarakat kalimantan barat, Gubernur Kalbar Sutarmidji tegaskan kepada pelaku usaha Mall Transmart untuk memberhentikan para pekerja saat ini juga, jija perlu menutup aktivitas Mall Transmart.(Har).

(Ket photo/ist).


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *