Skala Prioritas Dalam Pembangunan

Postkotapontianak.com

Gubernur Kalbar Drs.Cornelis.MH mengharapkan para pembuat kebijakan, mempunyai skala prioritas dalam rencana pembangunan Kabupaten Sambas. “Pembangunan yang prioritas akan membawa pengaruh pertumbuhan ekonomi masyarakat,” Ungkap Cornelis saat menyampaikan sambutannya pada acara Pembukaan RKPD Sambas, (9/3/2017).

Penyusunan arah pembangunan 2018, akan diprogram atau direncanakan pada tahun ini. ,” jangan perencanaan dilakukan ditengah tahun berjalannya anggaran, “ itu. Akan menyulitkan, “jelasnya.

Dalam Musrenbang harus melibatkan semua pihak termasuk anggota Dewan, Dewan sebagai legislatif harus bekerjasama dengan pihak eksekutif, sehingga segala program yang sudah dirancang dapat terlaksana dengan baik.

RKPD jelasnya, mempunyai peran yang strategis dan penting. Secara formal menjadi landasan penyusunan kebijakan umum APBD yang diusulkan kepala daerah untuk disepakati bersama dengan DPRD dalam menyusun RAPBD tiap tahunnya.

Secara operasional, dokumen RKPD ini memuat arahan untuk peningkatan kinerja pelayanan masyarakat yang menjadi tanggung jawab kepala SKPD dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang akan ditetapkan dalam rencana kerja SKPD dan secara faktual menjadi instrumen evaluasi untuk mengukur capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, mengingat RKPD memuat tolak ukur kinerja kepala daerah.

Cornelis, mengingatkan menghadapi persaingan kedepan, perlu peningkatan indeks pembangunan manusia melalui peningkatan akses masyarakat dan pelayanan berkualitas terhadap pendidikan kesehatan, agar kita dapat menciptakan generasi yang sehat, cerdas pintar, berkualitas dan mampu bersaing.

Masalah air juga harus menjadi perhatian yang serius, jangan sampai masyarakat kita tidak dapat air bersih,”padahal air sangat banyak,” kata Cornelis.

Pada acara tersebut hadir Bupati dan Wakil Bupati Sambas, Anggota Dewan, SKPD Provinsi dan Kab.sambas dan Forkopimda Sambas

Usai memberikan pengarahannya, Cornelis langsung menuju perbatasan Aruk guna melihat secara langsung pembangunan perbatasan Aruk. Sudah sejauh mana penyelesaiannya? “Kalau sudah siap, saya akan laporkan kepada Presiden, biar cepat diresmikan, “pungkasnya.(Try)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *