Silaturahmi Pangdam XII/Tpr Bersama Forkopimda, Todat, Tomas, Mahasiswa dan Masyarakat Papua Wilayah Kalbar

PONTIANAK -, Minggu (25/8/19) – Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab melaksanakan silaturahmi dengan Forkopimda, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Mahasiswa dan Masyarakat Papua di wilayah Kalimantan Barat. Silaturahmi ini dilaksanakan dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan di wilayah Provinsi Kalimantan Barat, bertempat di Rumah Jabatan Pangdam XII/Tpr, Jalan Ahmad Yani, Kota Pontianak.

Tampak pejabat yang hadir dalam acara, Gubernur Kalbar, Ketua DPRD Kalbar, Kapolda Kalbar, Danlanud Supadio, Danlantamal XII/Pontianak, Kasdam XII/Tpr, Kabinda Kalbar, Dansatgas BAIS, Sekjen MADN, Ketua KONI Kalbar, Ketua MUI Kalbar, Ketua FKUB Kalbar, para Pejabat Teras Kodam XII/Tpr dan para Pejabat Utama Polda Kalbar.

Acara silaturahmi Pangdam XII/Tpr bersama Forkopimda, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Mahasiswa serta Masyarakat Papua di wilayah Kalimantan Barat diawali dengan kegiatan ibadah syukur yang dipimpin oleh Ketua PGIW Kalbar Bapak Pdt. Paulus Ajong.

Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab dalam kesempatan tersebut memberikan motivasi kepada para mahasiswa asal Papua, agar mereka memiliki visi dalam kuliahnya. Menurutnya, yang membuat kita maju adalah diri kita sendiri bukan orang lain.

Oleh sebab itu Pangdam XII/Tpr berharap kepada para mahasiswa Papua yang sedang melaksanakan studi di Kalbar untuk fokus pada kuliah mereka.

“Saya harapkan kalian fokus menyelesaikan pendidikan, kenali lingkungan kalian jadikan tetangga kanan kiri kita sebagai keluarga, kemudian jaga lingkungan jangan membuat lingkungan membenci kita jutru lingkungan senang dengan kehadiran kita karena kegiatan positif yang kita lakukan. Jaga nama baik orang tua, jaga harga diri dan jati diri orang papua serta jangan lupa berdoa dan beribadah,” pesan Pangdam XII/Tpr.

Sedangkan saat memberikan keterangan kepada awak media, Pangdam XII/Tpr menyampaikan, kegiatan silaturahmi bersama dengan Forkopimda dan seluruh Komponen Masyarakat ini adalah dalam rangka menjaga kedamaian dan ketentraman khususnya di wilayah Kalimantan Barat.

Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H.M.Hum berharap kepada para mahasiswa untuk mereka terus belajar saja agar mereka dapat menyelesaikan dengan cepat kuliah mereka dan kembali ke daerahnya untuk membangun daerahnya karena tujuan akhir kehidupan ini adalah kesejahteraan. Mereka dikirim kesini untuk belajar supaya di daerahnya memiliki SDM yang bagus untuk lebih sejahtera.

“Selaku Gubernur saya ingin mereka ada ketenangan dalam menimba ilmu di daerah Kalbar ini, Insyaallah Kalbar ini aman, jajaran Forkopimda selalu memberi keleluasaan pada siapapun untuk berbuat apapun sepanjang mengikuti aturan yang sudah ada,” ujar Gubernur.

Sedangkan Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono menyampaikan, bahwa di Kalbar ini masyarakatnya semuanya saling berinteraksi, bersilaturahmi, saling menghargai dan saling menghormati. Dan sampai saat ini suasana kondusif tidak ada hal yang menonjol, sama kita satu nusa satu bangsa, ungkapnya.

Sementara Sekjen MADN, Yakobus Kumis mengapresiasi kepada Forkopimda Kalbar yang telah menciptakan situasi kondusif sehingga anak-anak Papua yang mengambil studi di Kalbar diberikan perlindungan dan jaminan oleh TNI, Polri dan Pemda.

“Jadi saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat Kalbar, terimalah anak-anak Papua sebagai saudara kalian di Kalimantan Barat,” pungkasnya. (Pendam XII/Tpr)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *