Siaga Karhutla Dini, Dengan Sosialisasi dan Konsolidasi

Poskotapontianak.com

Melawi – Kantor Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah Melawi Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat Melaksanakan Sosialisasi & Konsolidasi tingkat Kecamatan di Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, bertempat di ruang rapat Kantor Kecamatan Nanga Pinoh. Senin (22/06/2020).

Kegiatan Sosialisasi dan Konsolidasi ini di hadiri oleh Kepala BPBD Melawi Drs. Syafarudin MM., Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan Melawi, Kepala Dinas LH Melawi, Camat Nanga Pinoh, Kapolsek Nanga Pinoh, Danramil Nanga Pinoh dan Ka.Daops Manggala Agni Sintang, Pemadam Bahaya Kebakaran Nanga Pinoh, Pemegang Izin Kehutanan, Masyarakat Perhutanan Sosial, Tokoh Masyarakat Nanga Pinoh.

Kepala BPBD Melawi Drs. Syafarudin MM., mengatakan dalam sambutannya, “Pemerintah Kabupaten Melawi menyambut baik kegiatan ini. Untuk tahun 2019 ada 370 Hot Spot (titik api) di Kabupaten Melawi dengan demikian diperlukan sinergi berbagai pihak dalam upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla. Bahwa karhutla setiap tahun terjadi jadi sosialisasi dan kosolidasi ini adalah untuk persiapan dini sebelum karhutla yg diperkirakan bulan Juli nantinya. Disarankan nanti pada tingkat Kabupaten agar dibentuk Satgas Penanggulangan Karhutla Kabupaten yang anggotanya semua instansi bisa terkait didalamnya,”.

Pada tempat yang sama usia kegiatan, Kepala UPT KPH Melawi Dinas LHK Provinsi Kalimantan Barat Antoni Manik, S.H., Hum., sampaikan ucap syukur bahwa kegiatan yang dilakukan berjalan sukses dan terkendali sesuai yang diharapkan.

“Kegiatan yang dilaksanakan dengan hadirnya Kepala BPBD Melawi yang sekaligus membuka acara tersebut. Sasaran kegiatan ini adalah Instansi terkait yang ada di Kecamatan Nanga Pinoh seperti BPBD, Dinas Pangan dan Perkebunan, Dinas LH, Manggala Agni, PBK Melawi, Pemegang Perizinan,” ucap Antoni Manik SH., M.Hum.

“Tentang Sosialisasi Pencegahan & Penanggulangan Karhutla, secara khusus diminta kepada warga masyarakat tetap waspada dan sigap memantau hotspot dan melaporkan sehingga akan dilakukan pengecekan ke lapangan dan KPH Melawi selalu melakukan update kondisi kebakaran yang terjadi yang terdeteksi di wilayah kerjanya,” jelas Antoni Manik SH., M.Hum.

“Kepada Anggota Brigade Karhutla KPH Melawi
yang beraktivitas di lapangan agar selalu siap siaga, apalagi kita masih dalam masa pandemic ini agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan cegah COVID-19, serta ” ucap Antoni Manik SH., M.Hum.

Dalam waktu yang terpisah disambangi Ka.Daops Manggala Agni Sintang, Kadarwanto, S.Hut katakan, agar selalu memberikan informasi kondisi di lapangan yang sangat penting, jika informasi karhutla dari lapangan ini segera kita dapatkan, maka langkah strategis bisa dilaksanakan bersama para pihak lainnya seperti TNI, Polri, BPBD, Pemerintah Daerah, dan perusahaan, mitra kerja lainnya, dalam penanganan karhutla,”.

“Himbauan disampaikan kepada anggota Brigade agar bisa sinergi bersama para pemuka masyarakat untuk memberikan sosialisasi tentang pencegahan dan penanggulangan karhutla. Selain itu juga tidak lupa harus menggunakan protap kesehatan pencegahan pandemic covod 19,” ucapnya

“Kepada Anggota Brigade Karhutla KPH Melawi untuk selalu melakukan patroli bersama warga masyarakat di wilayah rawan kebakaran, dengan demikian kita bisa mengupdate laporan serta tanggap jika terjadi karhutla. Selalu jaga kekompakan dan tetap ikuti petunjuk dari atasan demi kerjasama tim,” ucap Ka. Daops Manggala Agni Sintang, Kadarwanto S.Hut.(Guns)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *