Sering Terjadi Kebakaran Pada Musim Kemarau, Babinsa Parit Banjar dan Polsek Mempawah Timur Laksanakan Patroli

POSTKOTAPONTIANAK.COM

MEMPAWAH – Kini daerah provinsi Kalimantan Barat telah memasuki musim kemarau sehingga sering terjadi kebakaran hutan dan lahan, dalam Menyingkapi hal tersebut anggota Koramil 1201-03 Mempawah hilir Serda Daryadi bersama Polsek Mempawah timur melaksanakan patroli karhutla didesa parit banjar kecamatan Mempawah Timur, Minggu (01/8/2021).

Desa parit banjar kecamatan Mempawah timur adalah salah satu desa diwilayah teritorial Koramil Mempawah hilir yang sering terjadi kebakaran hutan dan lahan apabila memasuki musim kemarau tiba dikarenakan desa tersebut berada diatas lahan gambut yang cukup luas.

Babinsa Parit Banjar Serda Daryadi mengatakan patroli karhutla bersama Polsek Mempawah timur yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Iptu Ria Iskandar guna mencegah terjadinya kebakaran serta mengingatkan kepada warga untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Serda Daryadi menambahkan, Mengingat pada saat ini sudah memasuki musim kemarau tiba maka lahan gambut sangat mudah terbakar dan sulit untuk dipadamkan dikarenakan jauhnya sumber mata air dengan sarana peralatan dan perlengkapan pemadaman yang kurang mendukung.

Lanjut Babinsa, dengan sering terjadinya kebakaran hutan dan lahan didesa parit banjar inisiatif kepala desa membentuk suatu tim sukarelawan pemadam kebakaran yang anggotanya dari masyarakat (warga) tersebut.

“Pembentukan tim sukarelawan aktif dalam pemadaman api didesa parit banjar patut menjadi contoh bagi desa-desa lain terutama desa yang memiliki area lahan gambut dan sering terjadinya kebakaran hutan dan lahan” ucap Serda Daryadi.

Sementara itu, Kapolsek Mempawah Timur Iptu Ria Iskandar menuturkan sudah menjadi tugas dan kewajiban bagi kami dan jajaran Koramil Mempawah hilir melaksanakan patroli pengecekan bahkan sampai pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

“Kami mengimbau kepada seluruh warga terutama yang bermukim dan mempunyai perkebunan dilahan gambut untuk tidak membuka hutan dengan cara dibakar baik dengan segaja maupun tanpa sengaja terlebih lagi pada saat ini kita memasuki musim kemarau, ungkap Kapolsek. (mph 1201-03)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.