Serbuan Vaksin Dosis 2 TNI AL / STTAL di Masyarakat Maritim Geluran Taman Sidoarjo

TNI AL-STTAL Surabaya, Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) bersinergi dengan Lantamal V Surabaya, melaksanakan serbuan vaksin COVID-19 Dosis 2 yang menyasar masyarakat maritim di Geluran Taman Sidoarjo. Selasa (18/10/2021).

Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. M.Tr.Opsla., yang diwakili oleh Kapokdos STTAL, Kolonel Laut (P) Bambang Ispri Bandono, S.T., M.Si., saat meninjau pelaksanaan kegiatan vaksinasi ini menegaskan bahwa serbuan vaksinasi COVID-19 Dosis 2 jenis sinovac dalam jumlah besar ini guna mendukung dan melaksanakan kebijakan pemerintah.

“Pemerintah menargetkan capaian pemberian 2,3 juta suntikan dosis vaksin COVID-19 perharinya dan serbuan vaksin yang menyasar masyarakat maritim Geluran Taman Sidoarjo merupakan salah satu upaya paling efektif dalam memutus percepatan tali rantai penyebaran COVID-19,” katanya di sela peninjauan vaksinasi di Posko PPKM Mikro Taman Pondok Jati RW. 04 Kelurahan Geluran Sidoarjo, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan COVID-19.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa dengan akselerasi vaksinasi diharapkan bisa meningkatkan kekebalan komunal sebagai langkah untuk bisa mengakhiri pandemi COVID-19.

Pada pelaksanaan serbuan vaksinasi TNI Angkatan Laut jenis sinovac Dosis 2 kali ini didukung oleh vaksinator dari Tim Nakes Rumkital Dr. Oepomo Lantamal V Surabaya, yang dipimpin Karumkital Dr. Oepomo, Letkol Laut (K/W) dr. Chonifa Wahyurini, Sp. THT-KL., dengan didukung oleh tim nakes Puskesmas Geluran dan Bakes STTAL.

“Saya lihat animo masyarakat maritim di Geluran Taman Sidoarjo ini begitu besar dengan adanya serbuan vaksin ini, hal ini bisa terlihat dari begitu banyaknya warga yang mendaftar dan datang untuk melakukan vaksinasi, ini artinya kesadaran masyarakat untuk vaksin semakin meningkat sehingga diharapkan bisa mempercepat tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity) dan pandemi secepatnya bisa berakhir.
Pada minggu yang lalu capaian serbuan vaksin yang telah dilaksanakan STTAL mencapai 3100 dosis vaksin Sinovac dan lanjutan serbuan vaksin pada hari ini di Warga Taman Pondok Jati Geluran Sidoarjo ada penambahan target sasaran vaksin 2 Sinovac 900 dosis dan vaksin 2 Astrazeneca 20 dosis, dan diharapkan Capaian serbuan vaksin yang dilaksanakan STTAL mencapai 4.020 dosis vaksin,” tegas Kapokdos.

Kegiatan STTAL kali ini bekerjasama dengan Lantamal V Surabaya beserta jajaran terkait serta Pemda Sidoarjo juga merupakan salah satu bentuk dari pelayanan publik lembaga STTAL sebagai salah satu dari Perguruan Tinggi kedinasan di TNI Angkatan Laut.

“Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya Pengabdian Kepada Masyarakat yang seiring dengan Instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., untuk bersama-sama pemerintah dalam percepatan penanganan COVID-19,” ujar Ka LPPM STTAL, Letkol Laut (KH) Edy Suhartono, S.E., M.M, selaku Ketua Panitia Vaksin STTAL.

Sementara itu, Kampoeng Tanggoeh Satgas COVID-19 Kelurahan Geluran Taman Sidoarjo, Wisnu Iriawan W. Widodo, menyampaikan rasa terima kasih serta apresiasinya yang sangat tinggi kepada TNI Angkatan Laut dalam hal ini melalui Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) dan Lantamal V Surabaya serta kepada semua jajaran terkait, yang telah mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan vaksinasi terhadap warganya yang sangat membutuhkan suntikan vaksin COVID-19 Dosis 2 ini dalam percepatan penanganan COVID-19, yang berjalan dengan lancar, sukses dan sangat tertib serta proses suntikan vaksinasinya sangat cepat sekali, tidak sampai terjadi penumpukan antrian, sehingga warganya sangat bersyukur dan berterima kasih atas kegiatan vaksin ini./*

IRW

Posted in TNI

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.