Sengketa Pilkada Melawi

Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Pasangan Firman-John

Reporter : Frans somil

Melawi ! Postkota pontianak.com – Gugatan Perselisihan Hasil Pilkada Melawi oleh pasangan Firman Muntaco-John Murkanto Ajan akhirnya ditolak Mahkamah konstitusi (MK). Pembacaaan putusan, Senin 18/01/16, Hakim MK menyatakan bahwa gugatan paslon nomor urut dua Firman muntaco-John Murkanto Ajan tersebut tak dapat diterima karena alasan melampaui tenggang waktu yang telah ditetapkan.

Makamah Konstitusi./ Ist
Makamah Konstitusi./ Ist

Ketua KPU Melawi, Julita saat dihubungi melalui telpon selulernya mengungkapkan pihaknya sudah menerima salinan putusan sela MK tersebut.

MK menolak karena berkaitan dengan tenggang waktu, dan menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima, kami berharap putusan ini dihargai dan dihormati karena sudah ditentukan oleh MK melalui mekanisme yang ada,” kata Julita saat berada di Jakarta.

“ Terkait putusan tersebut, KPU akan melaksanakan apapun yang telah menjadi putusan MK, yakni penetapan pasangan calon terpilih yang sempat tertunda karena masuknya gugatan Pilkada Melawi di MK.

“Jadwalnya pada bulan Februari nanti, namun demikian kita tetap menunggu arahan dari KPU RI dan KPU Provinsi terkait hal ini,” jelas Julita.

Sementara itu, Ketua Tim pemenangan Panji-Dadi pada pilkada Melawi, Kluisen mengatakan, apapun yang menjadi putusan MK harus dihormati dan dihargai. Kluisen mengatakan, kemenangan ini adalah kemenangan masyarakat Melawi.

“Kita bersatu lagi lah, mari sama-sama kita membangun Melawi, jangan sampai ada kelompok pendukung ini dan itu, yang pada intinya bupati terpilih ini juga merupakan bupati masyarakat Melawi,” katanya.

Terkait dengan rencana kedepan, Kluisen menyerahkan sepenuhnya kepada bupati dan wakil bupati terpilih. Dia hanya berharap setelah menduduki jabatan nanti jangan sampai melupakan visi misi yang pernah disampaikan kepada masyarakat saat kampanye lalu/ *.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *