Senam Sehat Asma dan Osteoporosis

PONTIANAK-Yayasan Asma Indonesia (YAI) Cabang Utama Kalimantan Barat dan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) Kalbar, setiap minggu pagi melaksanakan Senam Sehat Asma & Osteoporosis di Komplek Olahraga Stadion Sultan Syarif Abdurrahman, depan kantor KONI Kalbar.

senam sehat asmaDitemui di lokasi senam, Minggu (07/12) Ketua pelaksana kegiatan Dr. Hj. Bariah,MM mengatakan kepada SAR, senam yang dilaksanakan setiap minggu pagi itu telah berlangsung lebih 2 tahun.

“Peserta senam tidak hanya penderita asma dan osteoporosis, tapi terbuka untuk umum karena senam asma ini berfungsi untuk kesehatan Paru kita,” ungkap Ketua YAI ini.

Senam, tambahnya, sangat bermanfaat bagi penderita asma, gerakannya mengembangkan otot dada dan otot paru sehingga paru lebih mengembang dan tahanan paru akan lebih tinggi.

Sedangkan senam osteoporosis untuk semua umur, karena dalam senam osteoporosis ini kita melakukan gerakan untuk kepadatan tulang.

“Kalau dilakukan oleh anak lebih bagus, karena mereka sedang dalam masa pertumbuhan tulang, sehingga tulangnya akan padat dan tidak mudah keropos,” tutur Ketua Perwatusi ini.

Sementara untuk peserta lanjut usia, kisaran usia 60 tahun, harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

“Apakah sudah terjadi pengeroposan tulang yang parah atau belum, diperiksa dengan rontgen. Dari hasil pemeriksaan kita akan mengetahui kondisi tulang,” papar Hj. Bariah.

Jika terbukti adanya pengeroposan yang parah, maka gerakan untuk lansia tersebut akan dibatasi karena tulangnya sudah  rapuh.

“Untuk usia dibawah 60 tahun, bebas-bebas saja karena gerakannya juga tidak terlalu rumit dan malah membantu kesehatan tulang, apalagi kalo konsumsi kalsiumnya cukup,” pungkas Hj. Bariah. (Ardi SAR)