Semprotkan Disinfeksi Cegah Penyebaran COVID-19 Taman se-DKI Jakarta

 Senin 23/03/2020 -Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

“Selama penghentian sementara aktifitas untuk masyarakat ditaman, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta melakukan penyemprotan disinfektan dan pembersihan setiap fasilitas taman yang ada di Jakarta secara intensif,”

JAKARTA, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta dengan Suku Dinas Wilayah Kota dan Bersama Personel Gabungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan disinfeksi serentak sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19.

Aksi penyemprotan tersebut dilaksanakan pada Minggu (22/03/2020), seluruh personel gabungan akan bahu membahu terlibat pada kegiatan tersebut.”Kegiatan ini juga bisa melakukan disinfeksi dirumah, bisa dimulai dengan disinfektan secara mandiri,lalu menyemprotkannya pada permukaan peralatan yang sering disentuh, misalnya handphone, gagang pintu, saklar dll,” ujar Ir.M.Fajar Sauri,M.Si, Kabid Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta akan melakukan disinfeksi serentak di lima wilayah Kota Administrasi, sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19.⁣

Lebih lanjut Fajar menambahkan,”Sesuai arahan pemerintah menghimbau kepada masyarakat kiranya lebih baik berdiam diri d rumah, jangan terlalu banyak melakukann kegiatan aktivitas d luar rumah, jika memang tidak terlalu penting, sayangilah diri sendiri, saudara-saudara kita sehingga penyebaran virus corona covid-19 dapat terputus mata rantai penyebarannya. Sering-seringlah mencuci tangan dan hindari dari keramaian orang,” tambahnya.

Dalam aksi penyemprotan tersebut melibatkan personel gabungan baik dari Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Satpol PP, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Dinas Perhubungan, dan PPSU, serta didukung oleh personel TNI maupun Polri, akan bahu membahu terlibat pada kegiatan tersebut.⁣

“Selama penghentian sementara aktifitas untuk masyarakat ditaman, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta melakukan penyemprotan disinfektan dan pembersihan setiap fasilitas taman yang ada di Jakarta secara intensif,” jelas Ir. Suzi Marsitawati, S.Sos, M.Si Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota.

Lebih lanjut Suzi menambahkan bahwa,”Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 yang lebih luas ke ruang publik. Kami mengajak seluruh warga masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan ya dan jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas!,” tegasnya.

Selain penyemprotan disinfektan, mengingat musim hujan tentunya nyamuk gentayangan mencari mangsa. Guna pencegahan dan pemberantasan sarang nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) di areal taman, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota melakukan penyemprotan nyamuk (fogging) di taman-taman yang ada di Jakarta.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membasmi berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti yang kemungkinan bersarang di kawasan taman, “ M.Ali, Kasie Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta menambahkan.

Tak hanya itu saja, demi menjaga kenyamanan warga masyarakat pun diberlakukan Social distancing (pembatasan sosial) adalah serangkaian tindakan pengendalian infeksi nonfarmasi yang dimaksudkan untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular. Masyarakat diminta untuk menghindari hadir di pertemuan besar atau kerumunan orang. Jika harus berada di sekitar orang, jaga jarak dengan orang lain sekitar 6 kaki (2 meter)

Dengan himbauan untuk melakukan social distancing, bukan berarti kita tidak bisa bersosialisasi, lho! Kamu bisa banget hubungin teman/ sodara/ orang tua/ pacar dan bertukar kabar mengenai keadaan terbaru mereka

Adapun titik lokasi yang dilakukan penyemprotan disinfektan pada Minggu (22 Maret 2020) sekira pukul 08.00 wib diantaranya :
1. Lap Banteng
2. Menteng
3. Situ Lembang
4. THKP
5. Cattleya
6. Kendal
7. Pulo Lestari
8. Taman O

Kesehatan dan keselamatan merupakan prioritas utama, sebagai upaya untuk melindungi dan meningkatkan kewaspadaan warga masyarakat, dan Hutan Kota dari potensi risiko penyebaran COVID-19, seluruh taman di 5 (lima) Wilayah Kota akan ditutup sementara untuk 14 Hari (dua pekan) kedepan.

Selanjutnya akan dilakukan peninjauan kembali dan tentunya warga masyarkat pun akan diinformasikan perkembangannya. Untuk sementara, jika tidak sangat mendesak, diharap tetap berdiam dan melakukan kegiatan dari rumah saja.

Sedangkan untuk update informasi, mengenai perkembangan dan pengetahuan soal COVID-19 di corona.jakarta.go.id atau dapat menghubungi Posko Tanggap COVID-19 di nomor 112 atau WA 0813-8837-6955.

Stay safe! Jangan lupa selalu jaga kebersihan dengan memastikan mencuci tangan dengan benar dan menjaga imunitas kesehatan. HRS


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *