Seleksi Calon Siswa Kebidanan Poltekkes Pontianak Berbau KKN

Khayan-Sopiyandi-Hendra./Satrio
Khayan-Sopiyandi-Hendra./Satrio

” Usut dugaan kecurangan penerimaan siswa akbid”

PONTIANAK-Rabu (24/06) Salah seorang dosen AKBID Poltekkes Pontianak ungkapkan banyak siswa kebidanan yang lolos seleksi tanpa penuhi syarat.

Salah satu syarat yang tidak dipenuhi adalah syarat minimal tinggi badan 155 cm. Beberapa tahun belakangan ini, menurut dosen tersebut, banyak siswa yang lolos seleksi tak memenuhi syarat minimal tinggi badan.

“Selama ini kita tidak dilibatkan dalam penyeleksian calon siswa, semua ditangani oleh Pudir III

Hendra Budi Sungkawa, SKM, M.Kes ,” ujarnya kepada SAR, di Kampus Kebidanan Poltekes Jalan Dr. Soedarso Pontianak.

Padahal secara prosedural, dosen tersebut harus dilibatan dalam penyeleksian, namun selama ini dia tidak pernah diikutsertakan. “Saya  dipandang sebelah mata,” katanya.

Sedangkan Direktur Poltekkes Khayan, SKM, M.Kes membantah keras hal tersebut, menurutnya seluruh siswa kebidanan angkatan tahun 2014, lulus seleksi sesuai aturan berlaku yang ditetapkan Kemenkes RI.

“Bila ada temuan yang tidak sesuai aturan, buktikan ke saya,” tegas Khayan kepada SAR.

Sopiyandi, S.Ges, MPH Sopiyandi yang menangani pengukuran, ketika ditanya, mangatakan kasus itu sudah diserahkan pada Pudir 3 Poltekkes Pontianak. Dan yang mengatur semua serta yang bertanggung jawab Pak Hendra, ujarnya singkat sambil mengatakan saya mau rapat, Senin (22/6/2015).

Selain itu pernah terjadi kasus buta warna pada tahun lalu, dimana waktu itu peserta langsung di vonis buta warna oleh pihak Panitia Poltekkes.

Untuk mengecek kebenaran terhadap kasus tersebut juga mendapat ditantang oleh Sopiyandi, S.Ges, MPH yang terksan arogan. Ternyata setelah dibawa ke dokter spesialis mata dan diperiksa ternyata anak tersebut tidak buta warna. “Jadi kasus seperti ini harus dilaporkan, karena telah merugikan “.

Selain itu, pihak Panitia bagian tes kesehatan jelas telah melakukan kecurangan. /Satrio


One thought on “Seleksi Calon Siswa Kebidanan Poltekkes Pontianak Berbau KKN

  1. kebenaran akan terungkap.sepandai nya tercium juga nanti.yang saya aneh ujian di sekolah juara 1 umum kok bisa tidak lulus tes. yang dapat nilai pas pas saat ujian skolah bisa lulus.apa hasil tes bisa di publikasikn ke masyarakat kayak sitem cat pada penerimaan cpns nilai lgsung keluar.dr situ br tau mn yg pintar mn yg tidak.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *