Selain Rawat Inap Puskesmas Tebas Miliki 2 Program Layanan Kesehatan

POSTKOTAPONTIANAK.COM

TEBAS-Peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat saat ini memang mendesak, terutama pelayanan kesehatan yang dekat, cepat dan tepat, terang Joni Jufri.Skm pada wartawan media ini.

Ruang rawat inap.luxKepada media dan masyarakat luas Joni meminta agar dapat menginformasikan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelayanan di Puskesmas kami, sehingga kami dapat menata menejemen demi kebaikan bersama, lanjut Joni.

Dokter Puskesmas Tebas yang asli putri daerah yakni dr.Rini menjelaskan, bahwa selain sudah tersedia ruang rawat inap kita juga sudah memiliki 2 program pelayanan yaitu 1.Prolanis (Program pengelolaan penyakit kronis) seperti Diabetes mellitus (DM) dan Hipertensi (Darah Tinggi), jadi kepada masyarakat luas yang ingin tahu lebih dini tentang akibat keluhan penyakitnya dapat datang ke Puskesmas kita.

Selain Prolanis ada juga program IVA atau yang biasa disebut Inpeksi Vagina Asam Asetat, program ini akan lebih sejak dini dapat mendeteksi penyakit kanker rahim pada wanita.

Menurut dr.Rini setiap wanita bisa saja beresiko kanker rahim, pencegahan awal membiasakan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan berlemak yang tidak berlebihan, mengkonsumsi alcohol, merokok dan terutama sebelum makan mencuci tangan.

H.Maradi S.km secara terpisah diruang kerjanya di Puskesmas Tebas yang membidangi sanitasi juga menegaskan agar pola hidup sehat itu bukan hanya memakan-makanan yang sehat saja, namun factor sanitasi lebih penting lagi, sebab lanjutnya lingkungan yang kotor akan lebih beresiko menebar berbagai penyakit, masih banyak ditemukan got atau parit yang tersumbat akibat tidak dibersihkan atau adanya pembiaran atau kekurang pedulian warga yang mana kesadaran untuk hidup sehat masih kurang.

Camat Tebas Sugiarto.SH.MM mengatakan bahwa setiap bulan kita selalu melaksanakan koordinasi kepada seluruh kepala Desa, Kepala kepala unit teknis,Kepala sekolah,Kapolsek serta Danramil,dalam koordinasi ini kami senantiasa memberikan motivasi kepada stek holder ini untuk berperan aktif melakukan pembinaan di wilayahnya masing masing, sehingga segala keinginan itu bukan hanya sekedar wacana namun dapat ditindak lajuti,tegas Sugiarto menakhiri.(Lukman)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *