SEKUNINGAN GELAP RINDUKAN PLN

( Foto : Jansen ).

( KETAPANG ) – Warga Dusun Sekuningan Desa Air Upas Kecamatan Air Upas Kabupaten Ketapang sudah lama mengharapkan masuknya PLN di dusun mereka.

CV Permata Gelis yang menargetkan sekitar bulan April 2017 warga sudah dapat merasakan penerangan dari PLN namun hingga saat ini belum juga ada realisasinya.

Anggota BPD Air Upas, Imanuel Henda ketika ditemui , Selasa ( 13/3 ) mengatakan”, Pada tanggal 27/1/2017 secara kolektif berjumlah 31 Kepala Keluarga telah mengadakan kesepakatan bahwasanya akan dipasang instalasi listrik di Dusun Sekuningan dengan membayar uang muka Rp 500.000 s/d Rp 4.500.000 untuk daya berkapasitas 1300 watt”,katanya.

“Dalam kesepakatan tersebut pihak pelaksana pemasangan instalasi CV. Permata Gelis menargetkan sekitar bulan April 2017 warga sudah dapat merasakan penerangan dari PLN, namun hingga saat ini sudah satu tahun lebih belum ada realitanya”,tambahnya.

Disampaikannya”, Kami juga mempertanyakan mengapa rencana pemasangan tiang instalasi tidak
melalui jalan yang sudah ada, sementara ada beberapa rumah warga disana tetapi justru melalui kebun kelapa sawit milik warga dusun Ibul Baru yang berakibat warga harus menambah biaya berupa iuran sebesar Rp 370.000/KK untuk ganti rugi atas penebangan kelapa sawit sebanyak 30 pokok”.

Imanuel Hendra mengkhawatirkan Jika nanti warga disekitar jalan akan memasang instalasi akan menimbulkan masalah baru karna instalasinya tetap saja melalui kebun kelapa sawit tersebut ( yang belum ditebang )”.

Tokoh Adat Sekuningan, Jumpun juga berharap agar pihak yang terkait dalam pemasangan instalasi PLN ini dapat segera menyelesaikan kewajibannya mengingat hal ini sudah cukup lama.

Hal yang sama juga diungkapkan Supanto sebagai ketua RT yang mengharapkan semoga ada solusi yang ditempuh agar penerangan yang sudah lama diharapkan warga sekuningan ini dapat terealisasi secepat nya.

Atas dasar keluhan yang dirasakan warga dusun Sekuningan, berusaha menghubungi Sudirman pimpinan CV. Permata Gelis sebagai pelaksana pemasangan Instalasi.

Sudirman menjelaskan”, Pada bulan Bulan November 2016 Kami bersama-sama tokoh masyarakat Sekuningan telah melakukan pertemuan bertempat di kantor PLN Area Ketapang. Dalam pertemuan itu terjadi kesepakatan bahwa untuk dusun Sekuningan akan segera dipasang Instalasi PLN dengan menggunakan dana Area Ketapang.

Kemudian Sudirman mengatakan”,Menindak lanjuti pertemuan tersebut, kami mengadakan pertemuan kembali bersama warga sekuningan disepakati bahwa CV. Permata Gelis sebagai Pelaksana pemasangan instalasi. Dengan melihat tahun fiskal pemerintah, maka bulan April kami telah melaksanakan pemasangan instalasi di 43 rumah”.

Menurutnya “,Terjadinya keterlambatan ini dikarenakan perubahan tiang yang akan digunakan yang semula tiang besi akan diganti dengan tiang beton. CV. Permata Gelis hanya menangani pemasangan Instalasi dari Aliran induk ke rumah dan beberapa titik dalam rumah sementara pemasangan tiang ada pelaksananya sendiri”,paparnya.

“Namun seperti yang kita lihat actionnya kan sudah ada dengan adanya penebangan kelapa sawit yang sudah melalui proses dan sudah disepakati sebagai jalur akan didirikannya tiang tersebut dengan pertimbangan harus melalui tengah-tengah kebun dan tidak melalui jalan pemukiman, Jadi harapan kami semoga warga Sekuningan dapat bersabar”,tutupnya./

Penulis : Jansen.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *