Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut Gelar Serbuan Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah Masyarakat Maritim

SURABAYA ( PKP ) : TNI AL-STTAL Surabaya, Dalam rangka HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, TNI Angkatan Laut Peduli Serbuan Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah Masyarakat Maritim yang secara serentak dilaksanakan oleh seluruh Kotama/Satker/Pangkalan TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia pada hari ini Kamis (12/08/2021).

“Hal ini sesuai dengan Instruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., agar Prajurit TNI Angkatan Laut selalu mendukung kebijakan pemerintah guna mengatasi dan mempercepat penanganan pandemi Covid-19, untuk itu Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) tentunya ikut berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan Program Kerja dari TNI Angkatan Laut tersebut.
Dalam hal ini STTAL bekerja sama dengan PMI Mojokerto Jawa Timur yang dilaksanakan di Auditorium gedung Marore Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Bumimoro Krembangan Surabaya yang diikuti oleh Civitas Akademika STTAL terdiri dari; 150 peserta donor darah dan 73 peserta donor Plasma Konvalesen”, jelas Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil.

Komandan STTAL juga mengucapkan terima kasih kepada para peserta donor darah dan PMI Mojokerto yang telah ikut serta membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini, juga berharap kerjasama yang sudah terjalin dengan baik bisa berlanjut kedepannya secara kontinyu/rutin dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat sekitar untuk ikut berperan serta dalam mendonorkan darah dan Plasma Konveselen karena kegiatan ini sangat positif dan banyak membantu masyarakat didalam situasi Pandemi Covid-19.

Ketua Panitia, Letkol Laut (KH) Edy Suhartono, S.E., M.M. yang sehari-harinya menjabat sebagai Ka LPPM STTAL menjelaskan juga bahwa kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Kepada Masyarakat.

Terapi Plasma Konvalesen adalah salah satu terapi yang dilakukan dengan cara memberikan plasma pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 kepada pasien dengan Covid-19 yang masih dalam perawatan.

Syarat menjadi donor Plasma Konvalesen yakni; pernah terkonfirmasi Covid-19, pasien sembuh dari Covid-19, Swab Negatif 1x atau dibuktikan dengan Surat Keterangan sembuh dari RS/Dinkes setempat, bebas keluhan minimal 14-28 hari, mempunyai titer antibodi igG spesifik Covid-19 yang cukup, donor diutamakan laki-laki atau untuk wanita belum pernah hamil/hasil antibody HLA negatif, tidak menerima transfusi darah selama 6 bulan terakhir, umur 17-60 tahun, lebih diutamakan pernah mendonorkan darah.

Alur donasi Plasma Konvalesen yakni; persiapan donor, mengisi formulir donor darah dan Informed Consent, seleksi donor melalui Anamesis dan pemeriksaan fisik, selanjutnya pemeriksaan skrining Lab Donor dan setelah dinyatakan sudah sesuai persyaratan maka pendonor laksanakan donor.

“Kegiatan donor darah di STTAL terlaksana dengan sukses dan mendapatkan antusiasme yang sangat tinggi dari seluruh Civitas Akademika STTAL, semoga apa yang diberikan oleh pendonor Plasma Konvalesen bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan dengan adanya peningkatan pasien Covid 19, sangatlah dibutuhkan para pendonor Plasma Konvalesen”, ungkap Letkol Laut (KH) Drs. Edy Widodo, M.Pd., Selaku Koordinator Pelaksana Kegiatan.

Turut hadir dalam kegiatan ini yakni, Wadan, Seklem, para Direktur, Kadep dan seluruh Civitas Akademika STTAL yang memenuhi syarat menjadi pendonor darah, dengan tetap laksanakan protokol kesehatan./* BagPen STTAL.


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.