Sekolah Diminta Ikuti Imbauan Libur Dari Dinas Pendidikan

KETAPANG, Jumat (13/9/19) – Sejumlah sekolah di Kabupaten Ketapang hingga saat ini masih belum meliburkan para muridnya, padahal Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ketapang telah mengeluarkan surat edaran terkait libur sekolah yang bisa dilakukan para Kepala Sekolah (Kepsek) yang terkena dampak kabut asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Ketapang. Hal ini membuat Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ketapang, Elmantono mendesak para Kepsek untuk. meliburkan para murid.

Saat dikonfirmasi, Elmantono mengaku sangat prihatin dengan kondisi udara yang saat ini semakin tidak sehat, menurutnya kondisi ini tentunya akan berdampak negatif bagi kesehatan khususnya anak-anak.

“Karena kabutnya semakin pekat, tentu ini sangat membahayakan kesehatan masyarakat terlebih anak-anak sekolah yang sampai saat ini masih ada yang belum diliburkan,” ungkapnya, Kamis (12/9).

Ia melanjutkan, masih ada sekolah-sekolah yang belum meliburkan muridnya, bahkan di Kendawangan tempatnya tinggal sekolah-sekolah baru meliburkan muridnya pada hari ini (Kamis-red), padahal kondisi kabut asap sudah berlangsung sejak beberapa hari belakangan.

“Apalagi surat edaran Dinas Pendidikan untuk jenjang pendidikan mulai dari TK, SD hingga SMP sudah dari beberapa hari disebar, harusnya ini menjadi acuan sekolah-sekolah yang kondisi udaranya sudah tidak sehat akibat kabut asap,” tegasnya.

Terlebih, saat ini Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) sudah membuat surat edaran meliburkan sekolah tingkat SMA/SMK yang ada, untuk itu selain meminta pihak sekolah meliburkan sekolah, dirinya meminta para orangtua untuk mengurangi aktivitas anak-anak diluar rumah guna menghindari berbagai penyakit yang bisa ditimbulkan oleh kabut asap.

“Jangan sampai sekolah libur tapi anak-anak tidak diawasi dan dibiarkan leluasa bermain diluar, jadi peran orangtua juga penting,” mintanya.

Sementara itu, menyikapi masih adanya sekolah khususnya di jenjang pendidikan TK, SD, SMP yang masih belum meliburkan sekolah, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Ketapang, Jahilin mengimbau agar para Kepala Sekolah untuk dapat mengikuti surat edaran yang telah dibuat pihaknya beberapa waktu lalu.

“Surat edaran yang kita sebar beberapa hari lalu masih berlaku khususnya di sekolah-sekolah yang memang masih terkena dampak kabut asap untuk meliburkan aktivitas belajar mengajar,” ungkapnya.

Untuk itu, ia meminta kepsek-kepsek untuk mengikuti surat edaran terkait imbauan meliburkan murid-muridnya terutama yang kondisi kabut asap saat ini semakin pekat.

(oes)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *