Sekarang Pengesahan STNK Kendaraan Tidak Di Pungut Biaya

POSTKOTAPONTIANAK.COM

( PONTIANAK ) – Kasi STNK Subdit Reg Ident Dirlantas Polda Kalbar, Kompol Ricky Praditiningrat, SIK.SH. saat di mintai tanggapanya (19/03/18) mengenai penghapusan biaya pengesahan STNK.

Kompol Ricky Praditiningrat, SIK.SH./taher.

Menurutnya, terhitung tanggal 14/03/2018 sistem penghapusan sudah di laksanakan berdasarkan STR Korlantas Nomor STR III/HUK.3.2./III/2018.

Dan diteruskan ke masing masing jajaran
Ricky menyatakan, penghapusan biaya pengesahan STNK tahunan ini sebagai tindak lanjut dari putusan MA melalui PP Nomor 60/2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak ( PNBP) yang Berlaku.

“Sudah di jalankan dan saat sekarang di pastikan tidak ada lagi produk pengesahan STNK yang di pungut biaya, selanjutnya mengenai besaran jumlah pengesahan STNK roda dua atau roda tiga dikenakan tarif Rp 25.000 per pengesahan per tahun.

Sementara untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih sebelumnya dikenakan tarif Rp 50.000 per pengesahan per tahun.

Kini, biaya pengesahan STNK telah resmi di hapus.

Kita berharap informasi tersebut sudah di ketahui luas oleh masyarakat dan sejauh ini pelayanan samsat Pontianak berjalan seperti biasanya, untuk keluhan dari masyarakat yang mengurus pengesahan STNK saat ini belum ada.

Mengenai jumlah pengesahan STNK di Samsat Pontianak untuk setiap bulanya rata rata berkisar 13.109 ribu produk dengan jenis roda dua sedangkan untuk roda empat 3.502 ribu. Dengan total keseluruhan 16.611 produk.*(PKP/taher)


Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *